lingkar kehidupan dan pendidikan yang semakin mahal

kaget loh gw denger kalo usm-itb tahun depan naik hargany jd 55jt buat teknik dan 85jt buat sbm! ckckckck
pdhl negara kita lg kena badai krisis global! daya beli tetep (malah berkurang) tp harga2 naik! PHK dimana-mana! ckckck
Terlebih! ini adalah harga pendidikan, yg itb, notabene ny adlh universitas terbaik di indonesia yg setiap tahun menciptakan sarjana-sarjana handal dibidangnya!
dinegara-negara maju aja sekolah gratis! bukan cuma sampai smp atau sma! tapi bisa sampe S-3! pendidikan adalah hal yang fundamental, kalau gw kutip dari kahlil gibran
"bangsa yang kaya bukan kaya akan batubara, minyak bumi dan semacamnya, tapi kaya akan manusia-manusia yang handal"

artinya yaa, lo salah kalo bilang bangsa ini kaya karena sumber daya alamnya! kita masih miskin! sumber daya manusianya ngk baik kok. trus gmna mau jadi baik??? orang miskin dilarang sekolah!

Tapi coba dyh di pikir, tahun gw aj (2008) ud byk banget mahasiswa itb yg masuk lewat jalur usm, dan kemitraan (dua2ny perlu bayar mahal) sedangkan buat orang2 kyk gw masuk lewat snmptn cuma jd kaum minoritas di itb! cuman sedikit men yang cuman bayar 3,5 juta di ITB! hahahahahaha
gw bayangin tahun depan, anak2 itb akan jd anak2 teknik yg duitny pun tebel2! wah! bisa2 jd pd songong tuh semuany! malah parkiran itb bisa jd makin ruwet krn mungkin pd bwa mobil!
MAU PINTER KOK MAHAL?
Bener! itu dia! lo coba bayangin, lo masuk itb, lulus, dpt kerjaan bagus, punya duit, bisa masukin anakny ke itb dgn jalur mahal tersebut, trus anakny kuliah di itb lulus, kerja, punya duit, masukin anakny ke itb, yaa ud! gitu2 aj trus!
skarang aj byk anak itb yg bapak/ibuny dr itb (termasuk gw si, hehe)
jadi, yg masuk itb yaa keluarga itu2 doang! yg kaya jg itu2 doang!
itu lah indonesia saat ini! yg kaya2, yg miskin2!
kasian buat mereka yg gag punya uang! mau lanjutin sekolah tp tersendat dana! mereka harus pinter atau kaya untuk punya kehidupan yang lebih baik!
sedangkan jaman sekarang cari duit susah, bersaing buat snmptn jg susah!
kenapa si itb harus mengeluarkan kebijakan seperti ini?
katany putra/i terbaik daerah? mana pemerataannya?
ganti aj jadi
PUTRA/I TERKAYA DAERAH
atau
TEMPAT KULIAH KELUARGA

1 catatan pembaca:

Flora Melinda mengatakan...

hmm, gw setuju dam. hahaha..
kunjungi blog saya yuk. hwahaha..
cerita ttg kontrofersi kuliah di SBM! hahaha,,, tapi malah curhat colongan! weeww!!

Poskan Komentar