sepakbola dan nasionalisme

Ajang piala AFF Suzuki Cup yang mempertandingkan Tim Nasional Asia Tenggara berlangsung dari tanggal 5-28 Desember 2008. Gemuruh para pecinta sepak bola tanah air meramaikan turnamen sepakbola terbaik di kawasan asia tenggara ini. Stadion Gelora Bung Karno dipadati oleh para suporter dari berbagai daerah di Indonesia. Para penonton awam pun menonton pertandingan tim merah putih dari layar kaca televisi maupun datang ke Stadion. Berbagai dukungan meneriakkan “ayo bambang!”, “budi cetak gol!” maupun terikan-teriakan “indonesia, indonesia,...!” terdengar sepanjang pertandingan. Ya! Rasa bangga akan indonesia, tidak ingin kalah oleh tim lain, menjadi suatu rasa nasionalisme!

Sulit sekali mendapatkan rasa nasionalisme di negara yang terkena krisis ini selain lewat olahraga. Salah satunya sepakbola. Dari berbagai pecinta klub sepak bola nasional sampai internasional, begitu nonton timnas main! Beuh! Rasanya enggak pengen banget kalo timnas kalah! 11 pemain sepakbola layaknya seorang pahlawan yang berperang dimedan tempur! Bertarung demi membawa nama Indonesia.

Yaa, emang sih sepakbola indonesia belum menjadi apa-apa didunia. Bahkan di asia tenggara pun indonesia belum pernah menjadi juara piala tiger (nama sebelum AFF Suzuki Cup). Dari 6 kali terselenggara, indonesia 3 kali jadi runner up! Belum lagi dikancah asia atau dunia. Jangan ditanya lah prestasi timnas kita ^^

Tapi, mau lawannya AS ROMA atau Manchester United sekalipun, kalau timnas udah main! Pasti di jiwa-jiwa rakyat indonesia ngk ada yang pengen timnas kalah! Yaa sekalinya udah di prediksi akan kalah, se-enggaknya ngk mau kalah yg telak-telak amat. Tapi itu dia! Kalau timnas udah main, segenap rakyat pasti dukung tim merah putih!

Sebelum pertandingan, akan ada lagu kebangsaan dari negara tersebut. Begitu lagu Indonesia Raya dinyanyikan....... RASANYA! WAH! Semangat pisanlah! Apa lagi kalau main di SUGBK! Satu stadion akan berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mendapatkan aura nasionalisme. Enggak akan ada orang indonesia yang menonton pertandingan tersebut tidak bisa merasakan aura nasionalisme!

Yah, semoga aja prestasi tim nasional semakin baik di dunia persepakbolaan asia maupun di dunia. Dengan begitu kan lagu kebangsaan bisa dinyanyikan dimana saja. Dan rasa nasionalisme, rasa bangga akan negara kita pun akan bertambah baik dengan sendirinya!

Ayo timnas! Berikan yang terbaik untuk negeri ibu pertiwi ini! Ca'yo!

0 catatan pembaca:

Posting Komentar