kehidupan terbaik

dudut,, di masjid g boleh ngomongin ttg hal duniawi!!! -_-
wisata alam sambil mancing, trus sambil mikirin negara ^_^
sebelum mikirin benahi negara, benahi dulu diri sendiri HAHA,
bru kita omongin benahi negara bos...
Write on mr.x Wall - Delete

Adhamaski Pangeran wrote
at 3:45am on December 28th, 2008
manusia itu mahluk politik. enggak bisa hidup sendiri, jadi butuh bantuan orang untuk bertahan hidup. sayangnya dinegara ini banyak yang enggak bisa buat ngurusin dirinya sendiri, dan butuh banget banyak uluran tangan dari orang banyak. dan hati gw terpanggil untuk membantu mereka................... ^^

mr.x wrote
at 3:56am on December 28th, 2008
ya ya ya, terserah dam, yg penting lo udah ucapin, jgn sampai makan omongan sendiri ajah...meski agak gak nyambung ma post gw tadi di wall lo, sbelum mikirin orang lain, benahi dulu diri lo, gitu. mw terpanggil atau gak, yg jlas simple aja, klo yg ngebantuin blum bner, ya gimana yg dibantuin. hehe thats the point.
Write on mr.x's Wall - Delete

Yaa, rasanya sudah cukup banyak yang menasehati saya untuk memperhatikan diri terlebih dahulu ketimbang langsung memikirkan nasib orang lain. Hmmm, sebenernya saya kurang setuju dengan pendapat tersebut. Pendapat yang mengatakan untuk membenahi diri terlebih dahulu sebelum membenahi diri orang lain.

Manusia adalah zoon politicon. Singkat kata manusia adalah makhluk sosial. Tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Seperti halnya jaman dulu ketika dibuat sistem barter, yang mengisyaratkan bahwa manusia tidak bisa memenuhi segala kebutuhan kehidupannya.

Sungguh sulit pendapat saya ini diterima (makanya saya enggak mau berdebat dengan teman saya) terlebih karena saya berkuliah, dimana orang bilang kampus yang individualisnya lebih besar dibanding kampus-kampus lain di indonesia.

Sebenarnya apakah yang membuat mereka berpikir seperti itu? Bill gates di drop out dari harvard university karena proyeknya dalam membuat microsoft yang akhirnya berguna untuk orang banyak dalam segala kemajuan di jaman ini. Nabi Muhammad SAW, terus menyebarkan agama islam ditengah orang banyak yang mencaci maki dan menghinanya. Sampai akhirnya sampai kini banyak umat muslim diseluruh dunia. Ataukah GajahMada yang mengabdikan hidupnya untuk mempersatukan nusantara karena diyakininya kerajaan majapahit bisa memberikan kesejahteraan sampai pelosok negeri. Dari contoh tersebut, secara tersirat, manusia menjadi lebih mulia ketika ia harus bekerja untuk orang lain.

Kyai Abdullah Gymnastiar atau lebih dikenal dengan nama Aa gym, mengkampanyekan slogan 3M-nya agar manusia menjadi lebih baik. Ketiganya antara lain, Mulai dari diri sendiri, Mulai saat ini, Mulai dari hal-hal yang terkecil. Apakah mungkin kata mulai dari diri sendiri ini mempunyai arti berbeda dimata orang banyak? Rasanya tidak.

Mulai dari diri sendiri, adalah memulai sesuatu kebajikan sendiri, dan mungkin orang lain akan meniru hal-hal yang baik tersebut. Seperti halnya sunnah nabi. Dan perkataan orang bijak,”dunia tidak akan berubah, aku yang harus berubah, mungkin dunia akan mengikutinya”

Tak jarang saya mendengar orang berkata untuk memperkaya diri sendiri dulu, lalu memberi makan untuk orang lain. Egois! Sungguh egois. Ketika tuhan memperingatkan bahwa harta yang kita punya bukan sepenuhnya milik kita (ada beberapa yang ternyata adalah hak orang lain, karena itu di agama islam dikenal dengan zakat, ataupun sedekah), orang-orang malah memperkaya dirinya untuk dirinya sendiri. Sampai kapan mau makan enak dan terus memperkaya diri kalau ada orang disekitar kita tidak bisa makan dan memenuhi kebutuhan hidupnya untuk hari ini?

Kepedulian. Ya! Hal inilah yang mulai terkikiskan dalam penglihatan saya. Banyak orang MENYIBUKKAN dirinya sendiri, disaat orang banyak membutuhkan uluran tangan.

Hmmm, saya jadi teringat oleh kata-kata pak guru dalam salah satu adegan film Andrea Hinata yang berjudul “Laskar Pelangi”,”hidup adalah memberi sebanyak-banyaknya, bukan menerima sebanyaknya....”

Ya, kehidupan terbaik manusia adalah ketika ia bermanfaat untuk orang lain.



3 catatan pembaca:

Reza Putra Ramadhan mengatakan...

jadi intinya
dari kita untuk mereka dam!

kalo kita sendiri blum bisa bagaimana cara kita berbagi dengan mereka!

mungkin itu yg gw tangkep dari perkataan lw yang kurang setuju sama perbaikan diri sendiri untuk hal yg lebih besar!

3m dr Aa Gym tuh emg ajaib bgt!
dan gw pikir baru dia dari sekian juta manusia yang ada dimuka bumi ini yang mencetus dan memproklamirkan slogan tersebut!

Mulai dari diri sendiri, Mulai saat ini, Mulai dari hal-hal yang terkecil

itu merupakan dasar untuk suatu hal yang besar!

Adhamaski Pangeran mengatakan...

yaa klo kita perbaiki diri sendiri terus tp ngk bisa berguna buat orang lain ma percuma juga!

ibaratnya ja, lo tuh coli, kesenangannya cuman sendiri. coba lo ML, yg seneng bukan lo doang, tp pasangan lo juga. hehe, maaf ya perumpamaanny buruk. tp thx ya ja buat comment ny ^^

una una una mengatakan...

ihh adam.. perumpamaan lo gabisa di samain. gw setuju sama perbaiki diri sendiri. baru bantu orang lain. kalo yang lo bilang orang menumpuk kekayaan buat dirinya sendiri. nah artinya dia belum bener. mangkanya ga bisa bantu orang lain. betul tidak?

Posting Komentar