Daftar 10 Partai Politik Terkaya 2009

1. Partai Gerindra (Rp15.695.000.000)
Partai pengusung Prabowo Subianto ini memuncaki klasmen parpol terkaya di Pemilu 2009. Anak dari Profesor Soemitro Djojohadikusume dan menantu dari Soeharto ini sudah sering sekali terlihat di media massa. (itu berapa karung duit seribuan ya?)

2. Partai Demokrat (Rp 7.027.000.000)
Partai yang kembali mencalonkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden 2009-2014 ini menyusul Partai Gerindra dengan jumlah dana yang kurang dari setengahnya.

3. Partai Keadilan Sejahtera (Rp 5.239.070.080)
Partai yang mengklaim sebagai partai anti korupusi ini ternyata menyimpan dana yang cukup besar (bener ngk korupsi nih?)

4. Partai Hanura (Rp 5.002.000.000)
Partai yang dipimpin Wiranto dan sebagian besar anggotanya adalah mantan perwira TNI (Hanura= Hati Nurani Tentara)

5. PKB (Rp 1.543.141.000)

Partai yang sedang menjalani konflik internal ini punya pundi-pundi yang lumayan besar (walau hanya 1/15 dari pemengang puncak klasmen)

6. Partai Demokrasi Indonesua Perjuangan (Rp 1.001.167.138)

Partai oposisi yang membawa-bawa sosok the founding father Indonesia ini tidak menyerah untuk mendapatkan kembali kursi pemerintahan walau kalah di pemilu 2004.

7. Partai Patriot (Rp 1.000.000.000)

Walau tidak mempunyai kursi di parlemen pada pemilu 2004, tapi punya pundi-pundi yang cukup banyak! wuaow!

8. Partai Barisan Nasional (Rp 1.000.000.000)

Sebagai partai yang baru di deklarasikan 1 Oktober 2007 ini mengejutkan juga punya uang yang sebanyak ini.

9. Partai Amanat Nasional (Rp 743.740.000)
Partai nomor punggung 9 yang punya kader-kader artis (Partai Artis Nasional)

10. Partai Bintang Reformasi (Rp 340.000.000)
Partai yang gagal menggelar konvensi ini punya dana yang cukup berlimpah.


Ternyata untuk jadi Merebut kursi kemenangan dibutuhkan juga berkarung-karung uang. Yah walaupun belum tentu yang punya uang akan menang. Tapi nampaknya cukup sayang kalau jumlah uang yang begitu besar ini hanya dipakai untuk membeli baligo, atau iklan di media massa. Nampaknya akan lebih berarti kalau dipakau untuk karya nyata yang membantu rakyat. Setuju?

5 catatan pembaca:

Alvian Chris Pradana mengatakan...

kaya banget mang gerindra. kmrn pas gw nnton bioskop lo hrs tahu trailernya tuh GERINDRA..hahaha

novan kurniawan mengatakan...

@gerinda..soemitro itu mantan mentri ekonomi di era soeharto..prestasi beliau sangat bnyak..mencanangkan pelita di negeri ini
di mantan rektor oxford of university
rektor tokyo of university
barkley of university..
buku2 karangan nya sangat bnyak.
tpi sayang di partai gerinda terlalu bnyak janji..ada yang janji akan membagikan satu juta laptop ke mahasiswa trus mengahapus pajak buku..bnyk bgt dh..
tau dh jnji nya bner apa kagak
wkwkwkwk
@semua partai
dana-dana untuk kampanye kan ada dri konglomerat dam..merka pasti ngalakuin kontrak politik..yang kontraknya akan menguntugkan ke dua belah pihak
hahaha

momoo mengatakan...

gue paling males liat iklan gerindra.. dooohh..

swsn mengatakan...

aaaahhh...males sm partai2 berduit yg 'track record'-nya (kosakata hasil seminar) cm berhasil ngerusak pemandangan jalan..

eL Fou random things mengatakan...

...
gerindra..
wkwkwkw..
edan banget janji2nya..
wakakaakaka

itb kebagian ga yah kalo dia kepilih jadi presiden?!
...
gataunya didalem laptopnya ada penyadap informasinya!
abis dah!
ahahay!

wew..
ga nyangka juga pks kaya juga yah?!
sangar!

btw,mang mereka dapet duitnya darimana sih!?
gw g ngerti sistemnya!

Posting Komentar