Forbas dan Seleksi Alam

Sebenernya banyak banget tulisan yg mau gw buat ttg PROKM, tapi keterbatasann waktu dan energi gw ngebuat gw jadi menunda terus menulis, hahahahha. Tapi kayaknya tulisan2 itu gw buat akhir2 aja setelah PROKM selesai. Karena sekarang gw mau tulis yg lebih penting! Yaitu FORBAS!

Forbas, forum lapangan basket, adalah forum dari massa kampus untuk mengecek kesiapan teman-teman panitia PROKM 2009. Minggu 2 Agustus 2009, adalah hari dimana forbas tersebut berlangsung. Sebelumnya gw berpikir, mulai sekarang pasti teman-teman panitia lapangan lebih bersemangat untuk menghadapi forbas, hari –H, atau tantangan2 lainnya. Kenapa? Pertama, evaluasi simulasi hari ke-2 ada evaluasi dari massa kampus, dan gw pikir teman2 saat itu lebih bersemangat dan ingin membuktikan bahwa ‘kita’ adalah panitia lapangan yang baik. Kedua, sudah dilantiknya kami para CALON panitia lapangan menjadi panitia lapangan. Ketiga, persiapan untuk menghadapi forbas dari panitia2 inti PROKM.

Tapi ternyata itu semua hanya ada di kepala gw. Hanya bentuk ideal yg gw inginkan! Keadaannya terbalik! Dari jumlah panitia lapangan yg dilantik, 703 orang, yang datang ke forum tersebut hanyalah 305 orang. Emm.. itu adalah hasil tambahan dari sebelumnya hanya 273 orang. Kecewa? Jangankan massa kampus yang tidak yakin dengan jumlah ‘segitu’ dapat menangani 3400 mahasiswa baru, jangankan pendiklat yg kecewa karena sistem kuorum yg ditetapkan dari awal tidak berhasil pada forum tersebut (jumlah kehadirannya dibawah kehadiran saat diklat), tapi saya pribadi pun juga kecewa dengan kuorum ini. Dan mungkin ini adalah kali pertama dalam sejarah forbas, FORBAS DITUNDA!

Hah! Malam itu, saya merasa sebagai prajurit yg ditinggal teman. Prajurit perang yang harus menjaga benteng sedirian, dan didepannya prajurit2 musuh siap menyerbu benteng! Wuah! Saya pun sebenarnya harus kecewa dengan diri saya sendiri, dan dengan HP GW YG MATI SAAT DIPERLUKAN! Ada sekitar 30an sms masuk ke hp saya buat kabarin kalo dia ngk bisa dateng karena a,b,c,d,e, tapi saya sebenernya masih kurang mengajak teman2. Masih belum ngerangkul teman-teman lainny!!

Hmm... mungkin ini yg namanya seleksi alam. Dan dalam prokm ini, alam menyeleksi berdasarkan teman-teman yg niat saja dan niat juga melakukan. Orang2 yg hanya ingin jadi panitia di hari H tapi malas ikut diklat dan orang2 yang ingin jadi panitia di hari H dan selalu ikut diklat. Yah.. 703 adalah orang2 yg niat, tapi 703 juga bercampur orang2 yg sudah terseleksi oleh alam. Hari ini, saya mendapat pelajaran penting! Seleksi alam ada! Seleksi alam tidak dapat dicegah! Tapi seleksi alam dapat dihindari dengan merangkul teman-teman kita.

Semoga, forbas besok benar2 menjadi akhir dari seleksi alam, dan semoga forbas besok menjadi simbol, simbol kesiapan panitia PROKM 2009. Semoga... amin.

Komentar