Belajar dari kemajuan Cina

Siapapun di dunia ini pasti tertegun bila melihat kemajuan ekonomi China. Ekonomi China tumbuh di atas 9% selama 20 tahun secara berturut-turut. Kebijakan lompatan jauh ke depan Mao Tse Tung akhirnya berhasil meski melalui pengorbanan rakyat yang tidak sedikit.

Saat ini China memiliki cadangan devisa US$711 miliar. Dan menurut Credit Suisse First Boston (CSFB) cadangan devisa China akan mencapai US$1 triliun saat Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2008. Luar biasa!

Melihat kemajuan China di bidang ekonomi, adakah negara itu sudah berkembang menjadi kapitalis? Tidak. Sebab sistim pemerintahan China tetap menganut ajaran Marxisme-Leninisme yang diimplementasikan melalui sistim satu partai [Partai Komunis Cina]. Fenomena China adalah jawaban jelas bahwa tidak benar demokrasi identik dengan kemakmuran.

Dalam membangun sistim perekonomiannya, China berpegang pada kebijakan ekonomi berencana terpusat yang didasarkan sistem tiga tingkat. Tingkat teratas ialah negara mengontrol bahan mentah, industri dan bahan pokok konsumen.

Tingkat kedua, penjualan jasa dan komoditas yang dibuat secara privat dalam lingkup harga yang ditentukan oleh negara. Tingkat ketiga 'pasar bebas' di perkotaan dan pedesaan di mana harga ditentukan dari sisi penawaran dan permintaan. Tingkat ketiga ini banyak diasumsikan, khususnya oleh Barat, sebagai langkah menuju kapitalisme.

Mengenai kebijakan ekonomi tersebut, Deng Xiaoping, peletak batu pertama reformasi ekonomi China, mengatakan bahwa perekonomian berencana terpusat tidak bisa disamakan dengan sosialisme, karena pada kapitalisme pun ada perencanaan.

Suatu ekonomi pasar tidak bisa disamakan dengan sosialisme karena sosialisme pun mempunyai pasar. Perencanaan dan pasar adalah ukuran dalam ekonomi. Sifat yang terkandung dalam kapitalisme dan sosialisme tidak bisa ditentukan oleh derajat mekanisme perencanaan ataupun mekanisme pasar.

Pada awal reformasi ekonomi, Deng Xiaoping membentuk Special Economic Zone (SEZ) di kota-kota pantai yang secara strategis letaknya berdekatan dengan Hong Kong, Macao dan Taiwan. Di SEZ, pemerintah memberikan konsesi, lebih tepatnya insentif bagi investor.

Selain itu pemerintah mempermudah segala prosedur yang bertujuan untuk melancarkan pelaksanaan penanaman modal asing. Sebuah langkah yang sangat revolusioner dan tidak lazim di negara komunis.

Hasilnya, di daerah-daerah SEZ ekonomi tumbuh dan berkembang sangat pesat dan menarik daerah-daerah lain untuk ikut tumbuh dan berkembang. China menjadi negara di kawasan Asia yang paling banyak menyedot investasi asing dengan nilai sekitar US$50 miliar dari total US$75 miliar investasi asing yang masuk ke seluruh Asia per tahunnya.

Keberhasilan reformasi ekonomi telah mengubah China, dari sebuah negeri miskin yang dilanda kelaparan, menjadi salah satu raksasa ekonomi masa depan. Tingkat kemiskinan berkurang dramatis, dari 60% penduduk pada 1980 menjadi 15% dari penduduk pada 2004.

300 Juta terangkat

Dengan kata lain, karena keberhasilannya dalam pembangunan ekonomi, lebih dari 300 juta penduduk berhasil terangkat dari jurang kemiskinan.

Lantas apa kunci kemajuan ekonomi China, selain melakukan reformasi ekonomi? Jawabnya, pembangunan infrastruktur dan menempatkan pimpinan nasional pada tempat yang terhormat, apapun kesalahan dan kekeliruan yang telah dibuatnya, karena jasanya tidak bisa dihilangkan karena kesalahannya.

Salah satu prioritas utama China dalam memperbaiki ekonomi adalah dengan melaksanakan pembangunan infrastruktur. Pemerintah menyadari ketersediaan infrastruktur merupakan syarat utama membangun perekonomian.

Pada 1978 total panjang jalan raya di China hanya 89.200 km. Sebaliknya pada 2002 meningkat tajam menjadi 170.000 km.

Pada 1988, jalan tol pertama dibuka dengan total panjang 185 km, sementara pada 2001 sudah mencapai 19.000 km. Untuk pelabuhan, setidaknya saat ini China memiliki 3.800 pelabuhan angkut, 300 di antaranya dapat menerima kapal berkapasitas 10.000 MT.

Tahun 2001, negara itu menghasilkan tenaga listrik 14,78 triliun kwh. Dan direncanakan pada 2009 mengoperasikan PLTA terbesar di dunia yang menghasilkan tenaga listrik 84,7 triliun kwh. Sementara, untuk saluran telepon (fixed line), pada 2002 China memiliki 207 juta sambungan. Padahal pada 1989 hanya ada 5,68 juta sambungan.

Sebuah studi terakhir menunjukkan bahwa negara berkembang di Asia Timur membutuhkan lebih dari US$200 miliar per tahunnya selama 2006-2010 untuk membangun infrastrukturnya.

Dari total kebutuhan tersebut, sebagian besar (80 %) merupakan kebutuhan China dalam membangun infrastruktur.

Selain pembangunan infrastruktur yang melibatkan PMA, China juga melakukan reformasi pertanian dengan mengembalikan usaha tani yang dulu dikuasai pemerintah kepada petani. Kebijakan tersebut berhasil meningkatkan penghasilan para petani.

Langkah berikutnya yang dilakukan adalah mengembangkan industri manufaktur sebagai sarana mengembangkan dan memperluas usaha kecil dan menengah serta wirawasta.

Semua dilakukan secara bertahap dan pragmatis, mengikuti apa yang pernah diucapkan Deng bahwa membangun China ibarat menyeberang sungai dengan merasakan bebatuan yang terinjak kaki. Dengan mengatakan pula bahwa dirinya tidak peduli apakah kucing itu berwarna hitam atau putih, yang penting bisa menangkap tikus.

Sementara rakyat di banyak negeri lain, seperti di Asia, Afrika dan Amerika Latin, terseok dalam kemunduran dan keterbelakangan. Tidak terkecuali Indonesia. Rakyat China seolah tidak memiliki hambatan untuk hidup menjadi kapitalis, seperti yang diucapkan Deng Xiaoping: Menjadi kaya adalah mulia.

alasan kenapa cowo ITB susah dapet pacar!?

“dam, mana pacarnya?”

“susah cari pacar di ITB, cowo semua!”

Itulah keluhan gw setiap kali gw ditanya ttg pacar, cewe2 ITB, dan hal2 lain yg berhubungan dengan cari pacar dan ITB! ITB, adalah institusi TEKNIK, kalau dikampus2 lain, yang namanya fakultas teknik pasti isinya mayoritas cowo! Dan inilah mengapa sangat sulit cari pacar di ITB, ITB yang jelas-jelas bergerak di sains, teknologi, dan seni, makanya agak sulit cari cewe di ITB, karena mayoritas batangan, eh salah cowo, hahahaha =)) (walaupun ada juga jurusan2 kayak SR dan SBM yang banyak cewenya)

PREMIS PERTAMA : ITB MAYORITAS ADALAH MAHASISWA (pria)

Seseorang pernah bilang ke gw, kalo otak kiri pria mempengaruhi ‘sense’ terhadap perempuan. Dan ITB yang KATANYA punya kelebihan di otak kiri (sering bgt kan lo liat ada orang kutu buku tp di laptopnya banyak film bokep, ckckckck,astagfirullah), gw rasa mempengaruhi ‘sense’ mahasiswa ITB terhadap cewe. Makanya mahasiswa ITB tuh biasanya hafal sama cewe2 geulis di ITB (mungkin karena dikit juga kali ya, hehe, atau mungkin malah hafal mojang2 bandung, hahahaha, ngk deng banyak cewe cantik di ITB), dan banyak juga yg ikut kepanitiaan ini itu buat cari cewe—gw maklumin namanya jg tujuan awal ^^

PREMIS KEDUA : OTAK KIRI PRIA MEMPENGARUHI ‘SENSE’ TERHADAP PEREMPUAN

Mahasiswi ITB teh ibarat gula, siapa sih yg ngk mau sama mahasiswi ITB apalagi kalau doi geulis pisan, udah cantik, jaminan pinter, dan lain2, AYO SIAPA YG NGK MAU?? Pasti pada maulah! Dan inilah yang jadi sulit bagi anak ITB, peta persaingan di ITB sangat ketat, mungkin satu cewe bisa ditaksir 2,3,4 mahasiswa, ckckck, makanya sejak masuk ITB gw dapat nasehat, meding deketin cewe yang udah punya monyet, soalnya saingannya cuman satu! Ckckck, untung ngk pernah gw pake, gw masih baik hati, wuahahahha :D

PREMIS KETIGA : PETA PERSAINGAN DI ITB SANGAT KETAT

ITB dari jaman kapan dibilang arogan, dan bagi gw banyak juga cowo2 jomblo di ITB yang arogan—mungkin lebih tepat gw bilang sok-sokan, merasa putra terbaik bangsa, jadi pilih2 deh kalo milih cewe. Apalagi sepanjang pengamatan gw, baik cowo atau pun cewe ITB itu visioner banget, jadi mikirnya pacaran di kampus bisa jadi berakhir di pelaminan, dan itu pun termasuk gw, hehe. Nah karena terlalu milih dengan kriteria a,b,c,d,e,f,g,h maka makin sulit juga buat dapet pasangan! Trus ujung2nya bilang alasan ngk punya pacar karena belum dapet yg pas--iyalah Kebanyakan kriteria, padahal mah sebenarnya ngk ada alasan buat mencintai seseorang

PREMIS KE-EMPAT : PILIH-PILIH PASANGAN DAN PANDANGAN VISIONER

‘yang penting gw kuliah dulu yang bener!’

Beuh! Sering bgt nih gw dapet jawaban kayak gini. Merasa kalo udah lulus akan lebih gampang buat dapet pacar! Beuh makin besar aja dah tuh gajah di punggung lo rasanya, wuahahaa =)) Yaa bolehlah, gw senang dengan alasan ini, two thumbsup malah

PREMIS KE-LIMA : BERASA LEBIH GANTENG KALO UDAH JADI SARJANA ITB

Apalagi ya? Hah! Tapi gw rasa sih cukup ^^ dengan lima premis tersebut gw mau buat silogisme mengapa mahasiswa ITB susah cari pacar menurut gw (ini menurut gw, kalo ada yg ngk suka gw minta maaf sebesar-besarnya)

KESIMPULAN : MAHASISWA ITB SUSAH LIAT MOJANG-MOJANG CANTIK, WUAHAHAHAHA—JAKA SEMBUNG BAWA GOBLOK, ENGGAK NYAMBUNG GOLOK!

Saya punya twitter (bangga)

Awalnya yaa ikut2an temen dan bosen sama facebook, jadi yaudah buat deh mainan anak gaul sekarang, TWITTER! Setelah bosan main friendster, liveconnecter (kagak pernah gw sentuh, hahahaha, cuman buat doang), facebook, yaa gw mulai merambah situs pertemanan lain, yaitu twitter, oke! sekian follow gw ya ^^

http://twitter.com/adhamaski

Pengalaman jadi relawan di Pangalengan

Minggu,13 September 2009, dimulailah perjalanan gw dari ITB ke pangalengan. Dengan niat tulus setulus-tulusnya, mengisi liburan dengan liburan sosial, mau jadi relawan (siap angkut2 sembako), ngk mau jadi mahasiswa yg cuman bisa ngomongin bangsa tapi ngk tau kondisi bangsa yg sebenarnya, dan banyak hal yg ngebuat gw membulatkan tekad, siap ke pangalengan! Hemm.. gw cerita dulu tentang pangalengan, pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di sebelah selatan kota Bandung yang terkena musibah gempa bumi beberapa hari sebelumnya.

Awalnya gw nyantai aja pas jalan, karena waktu itu yg bawa motor gw si ivan baqout karena doi yg tahu jalan,tapi lama kelamaan, jalan makin curam dan makin tinggi, mulai dingin, banyak hutan, dan kepala gw makin berputar selama perjalanan buat mikir, gw yakin orang2 didaerah sini belum pernah makan MCD seumur hidupnya (gw mikir ini karena saur hari itu gw makan MCD---pamer! Haha), eh gw ngomong ini bukan tanpa sebab, karena emang daerahnya tuh jauh banget! Bahkan cari ATM BNI aj susah-emang ngk ada kayaknya. Perjalanan yg melelahkan untuk gw yg punya pantat ramping karena berjalan sekitar 3jam-an. Hemm.. sampe sana, anjislah! Hati kecil gw nangis liat rumah2 masyarakat dan sekolah-sekolah yg hancur (setelah itu gw liat data di kantor kecamatan kalo ada 230 SD yg hancur dan puluhan SMA dan SMP).

Hari berganti, gw dipindahkan ke posko cabang aliansi jabar bangkit di desa Margamulya karena disana kekurangan SDM. Hanya 7 orang sama gw untuk ngurusin 1 desa, 24 RW! Berat pisan! Karena emang banyak banget yg harus diurusin, mulai dari assesment, trauma healing, logistik, dsb. Dan gw yakinkan kepada kalian yg baca blog gw, kalau hal tersebut berat!

Yaa.. banyaklah pengalaman yg gw dapet selama 4 hari 3 malam disana, mulai dari ngk mandi selama 4 hari, kuat ngangkat beras, main sama anak2 kecil di ladang untuk menghibur mereka (yg lucunya pas kenalan sm gw, mereka pake bahasa inggris,’my name is rudi’, hahaha, lucu), bakar jagung yg dikasih warga, makan nasi yg kayak makan batu karena keras2, tidur kedinginan, dikelilingin 5 ekor anjing yg lagi berantem, tambah banyak teman2 di bandung, interaksi sama masyarakat, dengerin curhat masyarakat, dimasakin makanan sama masyarakat, KECEWA sama gerakan ITB yg terpecah2 thd bencana alam pangalengan, buat TWITTER KARENA BOSEN, belajar sulap, yaa masih banyaklah hal2 yang didapat, dan gw rasa ngk ada nilai yg tepat untuk membayar pengalaman dan mendapat seorang teman. Yah terima kasih YA ALLAH karena telah memberi gw kesempatan untuk mengabdi di pangalengan, dan maaf karena saya batal puasa selama 3 hari :))


“tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya tidak mampu menerimanya”

yakinlah masyarakat yang terkena bencana alam di Indonesia, kalau ini semua rencana Tuhan, dan bagi seluruh masyarakat Indonesia, saya serukan untuk membantu saudara-saudari kita, jadikanlah ini sebagai ladang amal di bulan yang penuh hikmah.

Foto-foto jaman SMP dan SMA

Malam minggu bodoh, malah buka friendster dan download foto-foto lama, setiap orang punya kenangan masing-masing, tapi cuman momentum tertentu yang bisa terkenang lewat foto, semoga foto-foto jaman masih muda ini terus mengingatkan kita betapa belajarnya kita dari kehidupan masa lalu hingga sekarang, dari jaman gelap gempita sampe sekarang wuahahaha :))

XI IPA 2

Foto-foto akhir TORFY SOCIETY

Pemain bola kelas, enggak kalah lah sama TSUBASA!

Eaaa, kenal gw enggak lo? hahahaha
Anjirrrr awak keren pisan jaman SMP, wuahahaha
Kamar tidur gw dulu
Biasa dah bocah-bocah labil, mau difoto sok2 nggak nengok
Sama fauzan,temen jaman SMP
Abis bikin classmeeting,acaranya anak2 OSIS SMA 42