Studio Survey Kabupaten Bekasi (Part 1)

Studio, oh studio! Yaa inilah mata kuliah yg menghabiskan banyak waktu di prodi planologi! Ada 4 studio untuk tingkat sarjana ITB, yaitu ada studio survey, studio tapak, studio kota, dan studio wilayah. Dan pada semester IV ini gw ngambil studio survey. Studio survey kali ini jadi studio survey yang paling jauh, karena biasanya studio survey cuman main-main disekitar Bandung, tapi studio angkatan gw malah jauh pergi ke Kabupaten Bekasi. Setelah diskusi-diskusi panjang sebelumnya, menentukan sub topik, memahami TOR, bikin perangkat survey, dan yang lainnya, sampailah pada hari gw akan survey selama seminggu di bekasi, 20-27 Maret 2010.


di ITB masa depan (buka cabang di Bekasi)


Foto dulu di Masjid deket kantor pemerintah Kab.Bekasi bareng (dari kiri ke kanan) Bawah : Myli, nana,fanni,tiara,yescha. Atas : aing! ,roby, ari, gema

Sabtu, 20 Maret 2010
'Hari keberangkatan dan rona awal'

Jarkom! Kumpul jam 6 di HMP! Ajeee gileee, setelah kumpul tim sukses dan promotor dik2win dan MASIH MAKAN MALEM JAM 3 PAGI bareng yovan dan adam pasuna di Balubur. Gw yakin banget tuh gw bakal terlambat, eeeeeehhh! Benerkan! Padahal gw udah men-siasati dengan main internet ternyata, emang kalo cape ngk bakal ketulungan, alhasil gw bangun jam 7 dan baru berangkat ke kampus dengan muka kucel kucel, hehe. Sampa kampus ternyata masih nunggu bus yang dateng jam 9, anyeng pisan! Tau gtu gw lanjutin tidur, hahahahahha

Saat di bus gw tidur nyenyak banget, kursi belakang yg panjang gw habisin bareng roni simamora buat tidur selonjoran berdua, beuh! Mantap rasanya, hahahahahha, sampai akhirnya kami turun di Asrama Haji ,Bekasi yg deket banget sama Metropolitan Mall (eMeM). Habis turun rasanya bak di neraka! Panasnya bukan main, itu keringet ngucur ajee yee! Mana abis itu dalam 1 bus musti 1 angkatan a.k.a 2 studio ngikut buat rona awal keliling Kab.Bekasi yang udah mana sumpek, diluar panas, AC nya jg ngk dingin2, gilee dah! Udah banyak jg kan yg berdiri, nyiksa bener deh. Gw jg ngk dapet pelajaran ataupun temuan dari rona awal kali itu, grrrrrrrrr!

Pulang dari rona awal, gw ngajak adam pasuna dan yovan yg emang kebosenan di asrama buat jalan2. Sebenernya emang gw udah niat mau in the hooy si sama shira, soalnya doi kan mau pulang ke Jepang tuh, dan emang sebelumnya gw udah janji mau pulang ke Jakarta, tapi ngk jadi2 karena satu hal dan hal-hal lainnya, abis dari rumah shira gw lanjut lagi naik taxi jakarta yg cepet banget harga di argonya naik ke rumah, abis itu dianter lagi ke asrama haji.

Minggu, 21 Maret 2010
'Hari pertama, rona awal daerah masing-masing, lalu survey'

Hari minggu, setiap kelompok yg ngk tidur di asrama haji langsung jalan ke tempat penginapan lagi di Tropicana, daerah Cikarang gtu deh, gw jg belum pernah kesana. Nah, sekarang mulai deh kerja per-kelompok. Gw akan memperkenalkan kelompok gw yg batangan semua, jeng jeng jeng! Ada Roni 'the drunken master' , Koni 'ketua kelompok' , acong, dan timothy! Sebenernya gw bukan anak kelompok 7, tapi kelompok (anyeng gw lupa gw sebelumnya kelompok berapa! hahahahahha) pokoknya sekelompok sama gema,tiyok,ari, dan nana. Tapi karena di kelompok 7 ngk ada yg bisa nyetir, maka dipindahkanlah gw buat nyetirin mobil untuk mereka, hah!

Hari pertama, kita sebelumnya emang udah seneng sih, sampel yg harus didapetin ada 27, dengan hanya 2 desa di kecamatan Cibitung. Pertama itu kami pergi ke desa Wanajaya, di kerangka sampel sih cuman ada 5, dan ternyata pas udah di datengin cuman ada 1, 4 lagi udah bangkrut, dan ketemu 1 lagi Industri Kecil Menengah (IKM) dari metode snow ball. Sisa waktu kami pakai untuk rona awal ke desa sukajaya, lalu pulang dan evaluasi.



BERSAMBUNG....

Komentar