Car Free Day (CFD) & Kampanye Kendaraan Bebas Polusi

Car Free Day di sepanjang jalan dago, Bandung, cerita awalnya bukanlah sarana untuk mengurangi polusi, acara yang baru saja di sah kan kurang dari seminggu dari hari pelaksanaan pertamanya ini sudah berlangsung sekitar dua bulan lebih, maaf yaa saya lupa waktu tepatnya kapan, hehe, tapi yang pasti CFD ini dibuat tujuan utamanya nya untuk memberikan sarana baru untuk berolahraga,ingat yaa bukan karena untuk mengurangi polusi (mungkin termasuk tujuannya juga, tapi yaa sepertinya bukan jadi tujuan utama). Latar belakang adanya CFD setiap hari minggu pagi sampai pukul 10.00 ini adalah karena kurangnya lahan berolahraga lagi di kota Bandung, ada sih SARAGA, tapi kapasitasnya udah enggak cukup, dan disana enggak bisa berolahraga lain selain lari, sepakbola, goyang poco-poco, futsal, berenang, dan aerobik. Hemm, nah timbul lah inisiatif untuk membuat CFD, dan teng tereng tereng, jadilah CFD setiap minggu dari pukul 05.30-10.00 di sepanjang jalan dago.

CFD ini jadi ajang unjuk gigi para pesepeda, enggak bosan saya tiap pagi di CFD ngeliat orang berbondong-bondong touring dengan sepedanya, atau kumpulan sepeda-sepeda ontel dan sepeda fixie, ada juga B2C atau bike to campus, kumpulan para mahasiswa/i yang menggunakan sepedanya untuk ke kampus. Ada juga kerumunan orang-orang dancer, skater, atau pesepatu rodaan di CFD setiap minggunya, belum lagi orang-orang yang senam pagi dipimpin oleh beberapa radio lokal.

Seketika, perlahan demi perlahan, munculah banyak pesepeda dikampus saya, ITB, pertama emang saya ngambil sepeda dari rumah om saya, hehe, tiba-tiba, satu,dua, dan satu per satu teman saya jadi bawa sepeda dikampus, wouuuwwww, belum lagi kampanye transGREENeration oleh HMP Pangripta Loka,HAHAHAHHAHAHA, yaaa.. forum-forum tentang sepeda juga jadi mulai ramai. Yaa emang mungkin ini perspektif dan subjektif saya aja sih, tapi emang CFD di kota bandung ini jadi lahan banget buat kampanye mengurangi kendaraan berpolusi, belum lagi isu yang berkembang saat ini mau diperluas lagi tempat CFD di jalan dago, sampai stasiun hall mungkin, hehe, ngasal banget! Tapi, olahraga sehat bukan cuman saat hari minggu di CFD, tapi bisa juga setiap saat dengan menggunakan kendaraan bebas polusi, seperti sepeda atau sepatu roda mungkin. Dengan menggunakan kendaraan bebas polusi konvensional (sebut saja sepeda atau sepatu roda yang menggunakan tenaga manusia) berarti memompa otot jantung selama perjalanan, berbeda dengan kendaraan bermotor seperti motor atau mobil, hanya duduk dan tidak banyak memompa otot jantung, alhasil banyak pengendara kendaraan bermotor tersebut yang mengantuk selama perjalanan, belum lagi mengirit BBM, biaya parkir, atau biaya masuk lainnya, dan keuntungan kesehatan karena berolahraga, ya memang tidak usah juga setiap hari menggunakan kendaraan bebas polusi, cukup satu,dua hari saja, rebeka juga kan kalo ada event penting yang harus cepat tapi menggunakan kendaraan bebas polusi.

Yaa, terakhir, harapan saya, CFD di jalan dago ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kampanye kendaraan bebas polusi sehingga kota bandung bisa terkenal bukan hanya dari motornya saja, kota sepeda mungkin ? :)

1 catatan pembaca:

Paskal Panuntun mengatakan...

http://paskalp.blogspot.com/2010/08/presiden-kabinet-km-keluarga-mahasiswa.html

Posting Komentar