Watak / Karakter Sunda

Orang sunda diyakini memiliki watak atau kepribadian. Ada lima watak orang sunda, yaitu cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (mawas diri), dan pinter (pandai). Yuk ah mun teu ngoprek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih (di ulik-ulik, sehingga hasilnya bisa jadi bermanfaat bagi kehidupan, bener ngk ya? Hahahhaha, maklum lagi belajar jg, hehe).
  • Cageur (sehat)
Cageur berarti harus sehat secara jasmani dan rohani, sehat dalam berpikir,berpendapat, sehat lahir,batin,dan moral, sehingga sehat berbuat dan bertindak
  • Bageur (baik)
Bageur berarti baik hati, sayang terhadap sesama, banyak memberi pendapat, dan kaidah moril terpuji atau materi, tidak pelit, emosian, penolong, dan ikhlas dalam kata-kata maupun perbuatan.
  • Bener (benar)
Bener yaitu tidak bohong, tidak asal-asalan dalam mengerjakan tugas pekerjaan, amanah, lurus menjalankan agama, benar dalam memimpin, berdagang, tidak memalsu atau mengurangi timbangan, dan tidak merusak alam.
  • Singer (Mawas diri)
Singer berarti penuh mawas diri bukan was-was, mengerti pada setiap tugas, mendahulukan orang lain sebelum pribadi, pandai menghargai pendapat yang lain, penuh kasih sayang, tidak cepat marah jika dikritik tetapi diresapi makna esensinya
  • Pinter (Cerdas)
Pinter berarti pandai ilmu dunia dan akhirat, mengerti ilmu agama sampai ke dasarnya, luas jangkauan ilmu dunia dan akhirat walau berbeda keyakinan, pandai menyesuaikan diri dengan sesama, pandai mengemukakan dan membereskan masalah pelik dengan bijaksana, dan tidak merasa pintar sendiri sambil menyudutkan orang lain.

Sumber gambar: http://lajuardyhardian.blogspot.com/2013/09/download-kkumpulan-lagu-sunda-katineung.html


(diambil dari beberapa sumber)

0 catatan pembaca:

Posting Komentar