Studio Survey Kabupaten Bekasi (Part 2)

Senin, 22 Maret 2010
'Menemukan desa Sukajaya'

Waduh! Ada yg lupa euy dari cerita hari minggu. Hari minggu itu gw dan teman2 sekelompok ngk ketemu sama yg namanya Desa Sukajaya, kec.Cibitung! Sampai gw ketiduran di alfamart lagi kan karena nyasar2 ke desa sukajaya pas hari minggu, hahahhaha.Yaa, sampai pada hari ketiga di Bekasi, akhirnya ketemu juga tuh desa sukajaya.
Seperti hari sebelumnya, hari ini diawali dengan bangun jam 9, berangkat jam 10, sampe tempat makan biasa kami 'NAGA' jam 11, dan sampai dilokasi survey jam 12, hahahahaahaha, kelompok gw akhirnya menemukan desa sukajaya. Ternyata desa sukajaya berada coran (bahasa di bekasi yang berarti jalan kecil) sebelah kanan dari jalan utama desa sukatani. Setelah melewati sawah-sawah, akhirnya ketemu jg desa sukajaya. Seperti yg ada di kerangka sampel, emang benar banyak banget Industri Kecil dan Menengah (IKM) di desa ini. Tapi ada satu IKM yg kocak banget, yaitu bengkel motor pak burhan (awalnya gw ngk percaya ini IKM, tapi karena ada di kerangka sampel, yaudah gw hajar juga! susah sih cari IKM yg ada di kerangka sampel). Pas gw,acong, dan timothy mau survey ke doi, tiba2 dengan semangat membara seperti pejuang-pejuang kemerdekaan tahun 1945 beliau mengatakan,'KAMI SEDANG BELAJAR TENTANG ILMU KEHIDUPAN!' hah! bingung dah gw, mau ketawa ngk enak, ngk ketawa jg ngk enak, yaudah, gw ketawa aja, HAHAHAHHAHAHAHAHHAHAHHA :))

Selasa, 23 Maret 2010
'Pindah ke Kecamatan Babelan'

Hari ini kami dipindah ke kecamatan Babelan, Kab.Bekasi, gw lupa karena apa yaa? oh iya! untuk membantu proporsi di wilayah utara, karena di wilayah utara kan awalnya cuman ada satu kecamatan tuh, kecamatan cibitung, akhirnya karena dinilai ngk visible jg dapet 56 IKM disana, ditambahlah satu kecamatan lagi di utara, yaitu kec.Babelan. Nah! Ini dia nih, udah jauh2 makan di NAGA, akhirnya harus muter2 lagi cari jalan, sampeeeeee balik lagi ke ASRAMA HAJI! anyeng! G4uL pisan kan aing! hahahahha, sialnya ternyata emang lebih deket dari asrama haji ke kec.Babelan.
Sampai disana, karena muter2 ngk karuan juga nyari desa apa gitu di kec.Babelan (oh iya! nama desanya, desa bahagia) dan panas yg udah kayak neraka, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke kantor desa bahagia (satu info lagi, di kecamatan Babelan, meraka mengganti desa menjadi kelurahan, sehingga jumlah RW dan RT disana jadi bertambah banyak, sehingga kerangka sampel yg kami pake susah untuk dipakai). Nah! ini dia nih yg paling kocak, pas kami nanya2 tentang IKM, ternyata orang pemerintah sana ngk ngerti tentang IKM, dan saking parahnya itu orang ngk tau ada berapa RW dalam satu desa itu. Gila ya pemerintah daerah! Gimana mau perhatian kalo ngk tau apa yg dia perintahi kan? emosi juga! Nah, emosi ini nih yg menular ke teman-teman sekelompok, terutama si roni! Pas itu orang pemda lagi ngomong, dipotonglah sama doi, dengan nada lugas khas orang batak, maju langsung bilang,'JADI BEGINI AJA PAK, MANA BATAS DESA INI!?' wuah! itu kocaknya bukan main mamen! Orang pemdanya aja sampe diem, hahahahhahahahahhahaha. Yaa, abis itu sih nothing special, kebanyakan IKM disana adalah kusen.
Nah, saat malam hari di evaluasi, datanglah pak delik, kak ivo, kak fikri zul fahmi dan entah siapa lagi itu datang ke asrama haji. Inilah, saat2 yang menegangkan, mulai dari mempertanyakan proporsi kecamatan di utara-tengah-selatan di kabupaten Bekasi, hingga evaluasi hingga pagi hari yang sangat amat melelahkan, dengan hasil yg kurang memuaskan, yaitu, metode sampling yg dipakai tidak sama antar kelompok di studio A, hingga beberapa kelompok harus memulai kembali sampling dengan metode probabilitas. HAH!


BERSAMBUNG LAGI.....

Teknik Sampling

Teknik sampling ini adalah ringkasan dari bukunya kak raha PL'06 yang gw pinjem dari Putri (PSP) PL'08, ketika studio survey karena rasa penasaran gw akan metode teknik sampling,semoga bermanfaat dan kalau-kalau ada salah mohon dikoreksi. Salam.

Oleh : Adhamaski Pangeran


Mengapa harus sampling?
Karena sampling dapat menggambarkan dan menganalisis populasi dengan cepat dan tidak memakan biaya yang banyak.

Tujuan teknik sampling
Tujuan teknik sampling adalah deskriptif (menggambarkan karakteristik populasi), eksploratif (mengetahui lebih dalam akan suatu kondisi), dan analisis (mencari tahu penyebab dari sesuatu).

Hal-hal yang musti diperhatikan
Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan pada saat melakukan sampling, antara lain :
1. Populasi (Target penelitian)
2. Elemen (Karakteristik yang sama pada populasi, contoh elemen industri kecil menengah, mahasiswa indonesia, dsb)
3. Populasi sampel (Bagian dari populasi dan elemen, yang dijadikan objek sampling)
4. Unit (Bagian terkecil pada populasi sampel, contoh budi sang pengusaha kusen)
5. Kerangka sampel (Daftar nama populasi sampel)
6. Pendekatan
Pendekatan terbagi menjadi dua, yaitu pendekatan probabilitas dan nonprobabilitas. Pada penelitian, lebih baik dianjurkan untuk memakai pendekatan probabilitas, karena pendekatan probabilitas lebih bersifat objektif, memberikan kesempatan pada semua orang untuk dapat dijadikan responden, dan dapat menggambarkan opini pada populasi. Sedangkan pada pendekatan nonprobabilitas justru sebaliknya. Pendekatan nonprobabilitas dapat dilakukan apabila pada saat kerangka sampel tidak up to date dan terjadi hal-hal yang sulit di lapangan. Berikut adalah metoda-metoda pada pendekatan probabilitas dan nonprobabilitas,

Pendekatan probabilitas dan nonprobabilitas
a. Pendekatan probabilitas
Sampel random sederhana

Sampel random sederhana seperti arisan, dilakukan dengan memasukkan nama-nama populasi sampel (kerangka sampel), kemudian dikocok, yang nama yg keluar dari kocokan tersebut adalah unit sampel (orang yg akan menjadi responden). Hal yang perlu diperhatikan pada sampel random sederhana adalah karakteristik yang menjadi populasi sampel adalah homogen. Kelemahan dari simple random sampling adalah tidak bisa dilakukan saat populasi sampel berjumlah banyak.
Contoh : Ingin mengetahui pendapat anggota DPR komisi II akan wacana di masyarakat, maka nama-nama pada anggota DPR komisi II yang berjumlah sekitar 120 dimasukkan kedalam kotak, dan nama yg keluar adalah orang yg akan menjadi responden.

Sampel random sistematis

Sampel random sistematis memerlukan kerangka sampel yang baik, dan sama seperti sampel random sederhana, karakteristik pada sampel random sistematis haruslah homogen. Sampel random sistematis menggunakan interval tertentu pada penentuan responden. Interval yg digunakan juga tidak main-main. Yaitu, adalah pembagian dari jumlah nama pada kerangka sampel lalu dibagi oleh jumlah sampel yang diinginkan. Sampel random sistematis juga dapat digunakan untuk populasi dalam jumlah yg banyak. Kelemahan dari sampel random sistematis adalah apabila terjadi kesalahan-kesalahan pada kerangka sampel semisal tidak up to date dan terdapat dua atau lebih nama yang terdapat pada kerangka sampel.

Sampel random stratifikasi

Sampel random stratifikasi mementingkan kebutuhan yang dibutuhkan untuk mendapatkan opini masyarakat menurut karakteristik tertentu. Jadi ada populasi sampel tertentu yang lebih banyak secara jumlah untuk dimintai pendapat.
Contoh : Untuk mengetahui pendapat pemilih muda pada pemilu Indonesia 2009, maka lembaga survey memintai pendapat pemilih muda di Provinsi Jawa Barat sejumlah 1000 responden. Dengan komposisi 60% adalah pelajar SMA dan 40% lainnya adalah anak-anak yg tidak mengenyam pendidikan SMA. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui opini orang-orang yg diasumsikan lebih terpelajar.

Sampel random klaster

Sampel random klaster berari mengelompokkan populasi sampel tertentu lalu dikumpulkan menjadi kerangka sampel, kemudian dipakailah metode sampel seperti sampel random sederhana atau sampel random sistematis.
Contoh : Untuk mengetahui opini mahasiswa strata satu (sarjana) yang berada pada Bandung Utara akan perubahan status PTN menjadi BHMN, maka akan mahasiswa S1 se-Bandung utara akan dimintai pendapatnya. Karena di Indonesia ini tidak tercatat nama-nama mahasiswa se-Bandung utara, maka dicarilah terlebih dahulu daftar nama S1 di universitas-universitas di Bandung utara, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), UNPAD, UNPAS,UNISBA, ITHB, UNIKOM,dsb. Lalu daftar nama tersebut dikumpulkan dan dibuatlah kerangka sampel daftar nama mahasiswa S1 di Bandung utara, lalu dipakailah metode sampel random sistematis.


Sampel random area

Sampel random area berarti mencari data dari tingkat tertinggi pada populasi yang dicari sampai tingkat terendah. Semisal yang diteliti adalah daerah sekabupaten, maka dicari terlebih dahulu data-data yang diperlukan pada tingkat bupati, kemudian pada pemerintah setingkat kecamatan, dilanjutkan ke kelurahan, tingkat desa, hingga rumah penduduk.

b. Pendekatan Nonprobabilitas

Sampel sembarang

Sampel sembarang berari siapapun dapat menjadi responden, tidak peduli akan karakteristik tertentu, objek, dsb.

Sampel kuota

Sampel kuota seperti sampel random stratifikasi, ada kuota tertentu pada sejumlah populasi untuk menjadi responden. Tetapi tidak memiliki kerangka sampel.

Sampel purposif

Pengembangan dari sampel sembarang. Mengetahui karakteristik tertentu pada populasi dan objek yang dimintai pendapat.
Contoh : Mencari pendapat tentang keterkaitan industri kecil menengah (IKM) di kecamatan Cibitung, Bekasi dengan Kawasan Industri. Kerangka sampel tidak up to date sehingga tidak dapat digunakan. Yang dilakukan adalah mencari IKM di kecamatan Cibitung dengan berkeliling kecamatan Cibitung, dan ketika menjumpai IKM, langsung dimintai pendapatnya.

Snow ball

Metode ini terjadi apabila terjadi kesalahan-kesalahan pada kerangka sampel. Seperti namanya snow ball, metode ini seperti bola salju yang mengelinding, sehingga bola salju tersebut makin lama makin besar. Pada metoda ini, semakin lama, pendapat yang dimintai akan semakin tepat.
Contoh : Untuk mengetahui tentang opini pada aktor yang memerankan film buruan cium gue yang diprotes oleh banyak kalangan. Maka metode yg dipakai adalah metode snow ball karena tidak mengetahui siapa saja yang menjadi aktor pada film buruan cium gue. Karena itu ketika mendapati satu aktor pemeran film tersebut dan memintai pendapatnya, diakhir kita bertanya siapa lagi aktor pemeran film tersebut yang dapat dimintai pendapat, begitu seterusnya.

Error pada teknik sampling
Error pada teknik sampling ada tiga, yaitu error pada kerangka sampel, metode yg digunakan dan kapabilitas surveyor maupun responden saat mencari data.

Studio Survey Kabupaten Bekasi (Part 1)

Studio, oh studio! Yaa inilah mata kuliah yg menghabiskan banyak waktu di prodi planologi! Ada 4 studio untuk tingkat sarjana ITB, yaitu ada studio survey, studio tapak, studio kota, dan studio wilayah. Dan pada semester IV ini gw ngambil studio survey. Studio survey kali ini jadi studio survey yang paling jauh, karena biasanya studio survey cuman main-main disekitar Bandung, tapi studio angkatan gw malah jauh pergi ke Kabupaten Bekasi. Setelah diskusi-diskusi panjang sebelumnya, menentukan sub topik, memahami TOR, bikin perangkat survey, dan yang lainnya, sampailah pada hari gw akan survey selama seminggu di bekasi, 20-27 Maret 2010.


di ITB masa depan (buka cabang di Bekasi)


Foto dulu di Masjid deket kantor pemerintah Kab.Bekasi bareng (dari kiri ke kanan) Bawah : Myli, nana,fanni,tiara,yescha. Atas : aing! ,roby, ari, gema

Sabtu, 20 Maret 2010
'Hari keberangkatan dan rona awal'

Jarkom! Kumpul jam 6 di HMP! Ajeee gileee, setelah kumpul tim sukses dan promotor dik2win dan MASIH MAKAN MALEM JAM 3 PAGI bareng yovan dan adam pasuna di Balubur. Gw yakin banget tuh gw bakal terlambat, eeeeeehhh! Benerkan! Padahal gw udah men-siasati dengan main internet ternyata, emang kalo cape ngk bakal ketulungan, alhasil gw bangun jam 7 dan baru berangkat ke kampus dengan muka kucel kucel, hehe. Sampa kampus ternyata masih nunggu bus yang dateng jam 9, anyeng pisan! Tau gtu gw lanjutin tidur, hahahahahha

Saat di bus gw tidur nyenyak banget, kursi belakang yg panjang gw habisin bareng roni simamora buat tidur selonjoran berdua, beuh! Mantap rasanya, hahahahahha, sampai akhirnya kami turun di Asrama Haji ,Bekasi yg deket banget sama Metropolitan Mall (eMeM). Habis turun rasanya bak di neraka! Panasnya bukan main, itu keringet ngucur ajee yee! Mana abis itu dalam 1 bus musti 1 angkatan a.k.a 2 studio ngikut buat rona awal keliling Kab.Bekasi yang udah mana sumpek, diluar panas, AC nya jg ngk dingin2, gilee dah! Udah banyak jg kan yg berdiri, nyiksa bener deh. Gw jg ngk dapet pelajaran ataupun temuan dari rona awal kali itu, grrrrrrrrr!

Pulang dari rona awal, gw ngajak adam pasuna dan yovan yg emang kebosenan di asrama buat jalan2. Sebenernya emang gw udah niat mau in the hooy si sama shira, soalnya doi kan mau pulang ke Jepang tuh, dan emang sebelumnya gw udah janji mau pulang ke Jakarta, tapi ngk jadi2 karena satu hal dan hal-hal lainnya, abis dari rumah shira gw lanjut lagi naik taxi jakarta yg cepet banget harga di argonya naik ke rumah, abis itu dianter lagi ke asrama haji.

Minggu, 21 Maret 2010
'Hari pertama, rona awal daerah masing-masing, lalu survey'

Hari minggu, setiap kelompok yg ngk tidur di asrama haji langsung jalan ke tempat penginapan lagi di Tropicana, daerah Cikarang gtu deh, gw jg belum pernah kesana. Nah, sekarang mulai deh kerja per-kelompok. Gw akan memperkenalkan kelompok gw yg batangan semua, jeng jeng jeng! Ada Roni 'the drunken master' , Koni 'ketua kelompok' , acong, dan timothy! Sebenernya gw bukan anak kelompok 7, tapi kelompok (anyeng gw lupa gw sebelumnya kelompok berapa! hahahahahha) pokoknya sekelompok sama gema,tiyok,ari, dan nana. Tapi karena di kelompok 7 ngk ada yg bisa nyetir, maka dipindahkanlah gw buat nyetirin mobil untuk mereka, hah!

Hari pertama, kita sebelumnya emang udah seneng sih, sampel yg harus didapetin ada 27, dengan hanya 2 desa di kecamatan Cibitung. Pertama itu kami pergi ke desa Wanajaya, di kerangka sampel sih cuman ada 5, dan ternyata pas udah di datengin cuman ada 1, 4 lagi udah bangkrut, dan ketemu 1 lagi Industri Kecil Menengah (IKM) dari metode snow ball. Sisa waktu kami pakai untuk rona awal ke desa sukajaya, lalu pulang dan evaluasi.



BERSAMBUNG....

Ajaran Tao (Dari buku 'Filsafat Kuno dan Manajemen Modern')

Bab 7 dalam Dao De Jing tercatat

Langit kekal Bumi abadi
Langit dan Bumi menjadi abadi
Karena keberadaannya tidak untuk diri sendiri
Maka itu ia bisa langgeng tiada henti
Orang bijak tidak mengutamakan diri sendiri
Karea itu ia diutamakan dan dipuji
Rela berkorban , tak takut mati
Bukti orang yang tidak mementingkan diri sendiri
Karena pengorbanannya ia menjadi sempurna dan terpuji


Bab 66 dalam Dao De Jing tercatat

Lautan adalah raja yang menjadi tumpuan sungai dan anak sungai, karena bersedia menempatkan dirinya di tempat yang paling rendah
Apabila ingin memimpin rakyat, seseorang harus bersedia menjadi pelayan rakyat, memimpin dengan bijak dan santun, mengutamakan kepentingan rakyat
Apabila pemimpin tidak bersaing dan berebut kekuasaan dengan siapapun, maka tidak seorang pun yang merebut kekuasannya.

COACH CARTER

Karena kemaren gw baru aja main ke kost an Bimo, dan nonton film 'Coach Carter' ,dan karena gw juga menganggap film itu keren, maka sekarang mau gw ceritakan tentang film, yg menurut gw pesan yg disampaikan dari film itu keren! Dan gw menyarankan kalian semua para pembaca blog gw untuk nonton film itu!



Film ini bercerita tentang pelatih basket bernama Ken Carter yang diperankan oleh Samuel L.Jakson (Aktor pada film SWAT dan Star Wars Episode 1: The Panthom Menace, dan banyak lagi film yg doi peranin tapi gw ngk tau apaan aja, hehe) yang menjadi pelatih basket sukarela tanpa bayaran di SMA Richmond, almamater sekolahnya. Awalnya tim basket SMA Richmond selalu kalah dalam pertandingan -baru menang 4 kali sebelum ken carter datang dalam semusim, dan sering banget berantem di pertandingan, beuh! Indonesia bener yee? HAHAHAHAHHA, saat pertama kali kedatangan Carter, para pemain tim langsung disodori kontrak yang salah satu isinya nilai akademik mereka minimal adalah 2,3 dan harus duduk pada barisan terdepan di kelas dan enggak pernah cabut sekolah. Salah satu pemain andalan tim, Timo Cruz cabut dari tim karena kesel sama pelatih barunya.

Singkat cerita, latihan2 dari Carter membuat mereka terus menerus menang dalam pertandingan. Timo Cruz juga akhirnya memutuskan untuk kembali masuk kedalam tim, oh iya! sebelumnya anak dari Carter juga pindah sekolah dan masuk SMA Richmond agar dilatih oleh ayahnya.

Bagian yg seru dari cerita ini adalah ketika ternyata nilai akademik dari tim basket SMA Richmond ternyata jeblok dan anak timnya pun sering banget cabut dari kelas. Cerita yang di ambil dari kisah nyata di Amerika ini membuat orang tua murid protes kepada Carter yang mengunci tempat latihan basket SMA yang kebanyakan orang negro semua. Ketika keputusan dari sekolah adalah membuka kembali tempat latihan, Carter memutuskan untuk keluar dari tim karena nilai akademik timnya buruk. Sampai saat Carter ingin mengambil barang2nya di tempat latihan, ternyata di lapangan basket, timnya sedang belajar dan mengadakan ujian ulang dari para guru SMA Richmond, Timo Cruz yang selalu saja ditanya ,'what is your deepest fear?' oleh Carter akhirnya menjawab,'Our deepest fear is not that we are inadequate. Our deepest fear is that we are powerful beyond measure. It is our light, not our darkness, that most frightens us. Your playing small does not serve the world. There is nothing enlightened about shrinking so that other people won't feel insecure around you. We are all meant to shine as children do. It's not just in some of us; it is in everyone. And as we let our own lights shine, we unconsciously give other people permission to do the same. As we are liberated from our own fear, our presence automatically liberates others'.

wuah! kayaknya sampe sini aja yah gw cerita, hahahahahha, udah ngantuk euy! hehe, sebenarnya pesan yg ingin disampaikan dari film ini adalah sebuah kedisiplinan, kerja keras, ketegasan yang cerdas, dan visioner pada suatu hal. Ken Carter ingin melihat bahwa tim basket SMA Richmond akhirnya dapat melanjutkan kembali basketnya di bangku kuliah, hingga akhirnya dapat bermain di N.B.A! Latihan2 yang penuh kedisiplinan dan ketegasan juga kerja keras pasti dapat membuahkan sesuatu. Walau pada akhirnya SMA Richmond enggak bisa dapet gelar pada liga basket SMA di Amerika, tapi nyatanya SMA Richmond telah berubah, menjadi SMA yang peduli akan akademiknya dan bangga akan tim basketnya. Oke! sekian cerita dari gw tentang film 'Coach Carter', kalo penasaran, cari DVD nya dan nonton ya! HAHAHAHHAHA

Alamat resmi DIK2WIN

Ini situs-situs resmi dikdik-wintang dalam kampanye presiden & MWA-WM pada pemilu raya KM-ITB 2010-11, Check this out!!Website : http://dik2win.co.cc/

Page fans (facebook) : http://www.facebook.com/pages/DIKDIK-FAZZARUDIN-WINTANG-HARYO-for-our-next-President-KM-ITB-dan-MWA-ITB/354132254270?ref=mf

Grup (facebook) : http://www.facebook.com/photo.php?pid=952876&op=1&o=global&view=global&subj=1341032522&id=1465472400#!/group.php?gid=391213613139

Twitter : #dik2win

Kalo masih ada yg kurang jelas, dateng aja ke POSKO MISBAR 'Gerimis Bubar' @ DPR , ITB