Mengulik 'Manusia Indonesia'

Eyaaa, karena habis baca bukunya Moectar Lubis, Manusia Indonesia, maka saya ingin membagi sedikit pengetahuan saya dari buku Manusia Indonesia ini, oke lah, Moectar Lubis menuliskan enam ciri manusia indonesia, yaitu : hipokritis atau munafik, segan & enggan bertanggung jawab, berjiwa feodal, percaya takhayul, artistik, dan punya watak yang lemah. Sebelum lebih jauh, saya ingin mensugesti kalian
'Budaya membangun karakter manusia!'


Buku manusia indonesia karya Mochtar Lubis

Nah, sekarang akan saya ceritakan satu per satu ciri manusia indonesia menurut Mochtar Lubis,
1. Ciri Kesatu : Hipokritis atau Munafik
Cerita kemunafikan manusia indonesia ini dimulai dari jaman feodal di Indonesia sampai massa orde baru yang terkenal dengan ABS-Asal Bapak Senang. Karakter manusia indonesia yang terus menerus ditekan oleh pemilik kekuasaan dan kekuatan ini membuat orang indonesia bermanis lidah, ia rela berbohong untuk menyelamatkan hidupnya. Contohnya : Lo ngk berani ngomong di depan kelas kalau pelajaran dosen A itu membosankan (ngomong ke dosennya), kalo depan dosen A yaa baik-baik aja

2.Ciri Kedua : Segan & Enggan bertanggung jawab atas perbuatannya
Di negeri ini, ketika satu orang diantara kita diberi tugas dan ternyata salah, biasanya dia akan menyalahkan atau melemparnya ke orang lain,'loh! bukan saya yg salah, kerjaan ini dikasih dari atas saya!' ,atau kata-kata'bukan saya' cukup populer di Indonesia, kalo di tanah sunda sih,'naha aing?' hehe

3.Ciri Ketiga : Berjiwa Feodal
Kayaknya ada fenomena menarik di negeri ini, kalau ada pemilihan organisasi ibu-ibu, biasanya istri pejabat yang akan jadi ketuanya. Dipilih bukan karena kapasitas,kemampuan, atau pengalamannya, tapi karena ia istri pejabat. Jiwa feodal bangsa ini adalah hasil dari feodalisme yang menjajah negeri ini, dari jaman kerajaan hindu,budha, di pajakin sama VOC nya portugis sampe belande dateng dan punya pemimpin negeri sendiri yang feodal

4.Ciri Keempat : Percaya Takhayul
Kayaknya enggak usah panjang lebar gw tentang ini, orang indonesia sebenarnya logis (dalam definisi sederhana, yaitu kemampuan menarik kesimpulan), tapi daya logisnya tercampur oleh takhayul-takhayul animisme dan dinamisme, jadi sekarang suka melogiskan takhayul

5.Ciri Kelima : Artistik
Karakter percaya takhayul, membuat manusia indonesia ini sukanya pasang jimat-jimat,kalung yang katanya ada roh, atau cincin yang pakai jin, sehingga kemahiran otak kanan manusia indonesia pun terasah. Hasil karya seni anak bangsa kita juga jadi salah satu ke-ajaiban dunia (baca : candi borobudur)

6.Ciri Keenam : Punya watak yang lemah
Hah! Manusia di negeri ini memang sulit untuk konsisten atau mempertahankan dan bahkan memperjuangkan keyakinannya, enggak salah kalau kita dengar ada satu dua orang yang lupa sama ucapannya si masa lalu, mungkin terpengaruh oleh sifat munafiknya

7.Ciri Lainnya :
Ciri lain karakter manusia indonesia yang dipaparkan oleh mochtar lubis, adalah tidak hemat,tidak suka bekerja kerasnya dan lebih suka yang instan, tukang mengeritik tetapi tidak secara terbuka, cepat cemburu atau dengki dengan orang yang lebih hebat dari dia (rumput tetangga terlihat lebih tinggi dibanding rumput sendiri), sok, tukang tiru,kejam,malas akibat anugrah Tuhan atas alam yang murah hati, tidak peduli dengan orang lain selama dirinya tidak mendapatkan dampak dari perbuatan orang lain tersebut, berhati lembut & suka damai, rasa humor yang baik sehingga masih dapat tertawa di saat-saat sulit, cepat belajar/terampil, memiliki kesabaran yang luar biasa, dan selalu memasang wajah yang suka dilihat oleh orang lain.

Oke, saatnya saya memberi penjelasan atas sugesti saya di atas, budaya membangun karakter, hidup itu tentang sebab-akibat, kejadian di masa lalu yang membentuk karakter hari ini, rangkaian peristiwa kemarin menentukan sikap kita di masa depan, sejarah negeri ini dari jaman animisme,dinamisme,kerajaan, penjajahan,feodalisme, dan ke otoriteran yang membuat karakter kita hari ini. Entah para pembaca setia blog saya sepakat atau tidak dengan karakter manusia indonesia yang dipaparkan oleh moctar lubis, tetapi ini adalah pendapat moctar lubis, pertanyaannya bukan lagi,'tahu darimana mochtar lubis?',tapi,'karakter manusia indonesia apa yang kita inginkan??' silahkan dipikirkan dalam hati dan susun rencana anda untuk hal besar tersebut

Kamus Sepeda

Karena sedang punya hobi baru (sepeda an), maka gw mau share dikit tentang beberapa kamus tentang sepeda (kalo ada yg lebih tahu share di sini jg ya, hehe)

handle bar/risebar = stang
stem = penghubung antara handlebar dengan bagian atas fork
fork = garpu depan
frame = rangka sepeda
crank = gir depan dan batangnya
seat post = batang sadel
saddle = sadel
chain ring = lingkaran gir depan
cog = gir belakang
hub = as roda yang ada lubang buat jeruji
flipflop = hub dengan dua cog kanan kiri buat fixed gear dan satunya freewheel
freewheel = sistem cog seperti sepeda biasa
toe clip = pelindung atau pengikat kaki yang dipasang di pedal
bottom bracket = as crank
skid = penahan roda belakang

"Jikalau hari ini belum bisa memberikan sumbangsih terbaik, maka berhentilah bercita-cita tinggi!"

Car Free Day (CFD) & Kampanye Kendaraan Bebas Polusi

Car Free Day di sepanjang jalan dago, Bandung, cerita awalnya bukanlah sarana untuk mengurangi polusi, acara yang baru saja di sah kan kurang dari seminggu dari hari pelaksanaan pertamanya ini sudah berlangsung sekitar dua bulan lebih, maaf yaa saya lupa waktu tepatnya kapan, hehe, tapi yang pasti CFD ini dibuat tujuan utamanya nya untuk memberikan sarana baru untuk berolahraga,ingat yaa bukan karena untuk mengurangi polusi (mungkin termasuk tujuannya juga, tapi yaa sepertinya bukan jadi tujuan utama). Latar belakang adanya CFD setiap hari minggu pagi sampai pukul 10.00 ini adalah karena kurangnya lahan berolahraga lagi di kota Bandung, ada sih SARAGA, tapi kapasitasnya udah enggak cukup, dan disana enggak bisa berolahraga lain selain lari, sepakbola, goyang poco-poco, futsal, berenang, dan aerobik. Hemm, nah timbul lah inisiatif untuk membuat CFD, dan teng tereng tereng, jadilah CFD setiap minggu dari pukul 05.30-10.00 di sepanjang jalan dago.

CFD ini jadi ajang unjuk gigi para pesepeda, enggak bosan saya tiap pagi di CFD ngeliat orang berbondong-bondong touring dengan sepedanya, atau kumpulan sepeda-sepeda ontel dan sepeda fixie, ada juga B2C atau bike to campus, kumpulan para mahasiswa/i yang menggunakan sepedanya untuk ke kampus. Ada juga kerumunan orang-orang dancer, skater, atau pesepatu rodaan di CFD setiap minggunya, belum lagi orang-orang yang senam pagi dipimpin oleh beberapa radio lokal.

Seketika, perlahan demi perlahan, munculah banyak pesepeda dikampus saya, ITB, pertama emang saya ngambil sepeda dari rumah om saya, hehe, tiba-tiba, satu,dua, dan satu per satu teman saya jadi bawa sepeda dikampus, wouuuwwww, belum lagi kampanye transGREENeration oleh HMP Pangripta Loka,HAHAHAHHAHAHA, yaaa.. forum-forum tentang sepeda juga jadi mulai ramai. Yaa emang mungkin ini perspektif dan subjektif saya aja sih, tapi emang CFD di kota bandung ini jadi lahan banget buat kampanye mengurangi kendaraan berpolusi, belum lagi isu yang berkembang saat ini mau diperluas lagi tempat CFD di jalan dago, sampai stasiun hall mungkin, hehe, ngasal banget! Tapi, olahraga sehat bukan cuman saat hari minggu di CFD, tapi bisa juga setiap saat dengan menggunakan kendaraan bebas polusi, seperti sepeda atau sepatu roda mungkin. Dengan menggunakan kendaraan bebas polusi konvensional (sebut saja sepeda atau sepatu roda yang menggunakan tenaga manusia) berarti memompa otot jantung selama perjalanan, berbeda dengan kendaraan bermotor seperti motor atau mobil, hanya duduk dan tidak banyak memompa otot jantung, alhasil banyak pengendara kendaraan bermotor tersebut yang mengantuk selama perjalanan, belum lagi mengirit BBM, biaya parkir, atau biaya masuk lainnya, dan keuntungan kesehatan karena berolahraga, ya memang tidak usah juga setiap hari menggunakan kendaraan bebas polusi, cukup satu,dua hari saja, rebeka juga kan kalo ada event penting yang harus cepat tapi menggunakan kendaraan bebas polusi.

Yaa, terakhir, harapan saya, CFD di jalan dago ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kampanye kendaraan bebas polusi sehingga kota bandung bisa terkenal bukan hanya dari motornya saja, kota sepeda mungkin ? :)

OSKM / INKM 2010

OSKM 2010, cerita panjang selama 2 bulan yg penuh canda,tawa,bahkan jg derita, 2 bulan penuh emosi, pembelajaran, dan bahkan hubungan pertemanan. Guncangan yg tak pernah berhenti, dari masalah keuangan,diklat yg dibekukan karena diklat keamanan, lalu adanya calon panitia medik,almarhum frans norman efraim, yang meninggal sebelum diklat TEPAT pada hari setelah diperbolehkan diklat kembali, yg setelah itu kami membekukan diklat sendiri untuk hari berbela sungkawa dan malam renungan, forsil-forsil yang melelahkan, forbas yang sunyi karena menghormati acara FPS PSM, birokrasi yg berbelit antara LK,Sarpras,LTPB, dan musuh baru bersama K3L, perubahan nama dari OSKM menjadi INKM, dan kekurangannya waktu untuk gladi panitia lapangan, bahkan sampai saat di hari H, hubungan yang terjalin dengan LTPB yang mulai merenggang, diusir oleh salah satu dosen dari sabuga, pemulangan yg diminta sporadis, opening yang tiba2 salah satu aktris dari LTPB naik kepanggung dan menurunkan flow,hari dimana taplok sama sekali enggak dapet kerja, evaluasi dengan massa kampus yang memanas, rapim dadakan dimalam hari, sampai akhirnya suhu terus menanjak tinggi yang banyak diantara kita saat itu, hari ini KM ITB sedang menjadi SATU dan memutuskan UNTUK MELAKSANAKAN CLOSING ILEGAL! ,menyusun konsep closing ilegal dengan teman2 KMSR, sampai akhirnya keputusan pada pukul 10 pagi di hari jum'at dari pak brian untuk melegalkan closing dan diberikan tempat di saraga dan dilanjutkan dengan briefing massa kampus setelah sholat jum'at yang merubah banyak konsep dari closing ilegal dan penurunan suhu massa kampus yang saya lihat. Bahkan saat closing OSKM/INKM 2010 itu pun, cobaan terus bergulir, hujan datang saat interaksi massa kampus, dan berujung pada ketidaksiapan dari panitia lapangan!
Esoknya, 7 Agustus 2010, OHU, open house unit, dengan segala terobosan yang ada, seperti bioskop kampus di ruang 9009,wahana karya, dsb, memberikan suasana berbeda di OHU tahun ini. Apalagi ketika gw benar2 tidur pulas di stand ATLAS bersama yopan karena berhasil menikmati perjuangan selama 3,5 jam sebelumnya di wahana karya untuk mendapatkan matras demi HMP! YEAH! Tapi masalah belum berakhir, izin tertulis yang keluar menyatakan dapat melakukan kegiatan sampai pukul 21.00 ternyata tidak valid, tidak divalidkan karena berjuta alasan, untuknya tidak ada masalah yang berarti saat closing selain tidak dipasanganya video dari Qinan, hemmmm....

2 bulan men! 2 bulan penuh canda,tawa,cerita,&derita. Semoga hubungan pertemanan yang terjalin dan pembelajaran yang didapat, akan terus berguna hingga suatu hari di masa depan (AMIN).

TERIMA KASIH OSKM/INKM 2010 !