Hasil Kajian RUU PT oleh HMP PL ITB
ini
hasil dari curhat sore senator kita kemarin, diskusi singkat, nyantai,
dan penuh inspirasi. silahkan dinikmati, semoga bisa menambah
pengetahuan dan kepedulian kita terhadap nasib pendidikan generasi
penerus kita nantinya... :D
Ini mukanya anak2 HMP PL ITB di Semarang |
Mahasiswa dan Nasib Pendidikan Tinggi Negeri Ini
Oleh : Gabriel Efod V. P.
Pro-kontra
Rancangan Undang Undang Republik Indonesia tentang Pendidikan Tinggi
(RUU PT) sudah menjadi perdebatan yang panjang setahun belakangan,
khususnya di perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia. Apa yang
dipermasalahkan dari RUU ini? Hal inilah yang menjadi inti pembahasan
dari obrolan dan diskusi santai yang digagas serta diselenggarakan oleh
Tim Kesenatoran HMP Pangripta Loka ITB, bertajuk “CURHAT SORE SENATOR
HMP” pada Jumat, 24 Juni 2011, lalu.
Semenjak
dibatalkannya UU BHP oleh Mahkamah Konstitusi, telah dibuat beberapa
draft RUU PT dengan berbagai perubahannya, baik itu yang diajukan oleh
DPR maupun oleh pemerintah. Diskusi santai yang kami adakan kemarin
mengacu pada draft keempat RUU PT, tertanggal 6 Juni 2011, yang diajukan
oleh pemerintah.
Hakikat Pendidikan Tinggi
Seperti yang diamanatkan pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945, salah satu fungsi Negara Indonesia adalah untuk memajukan kesejahterakan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Oleh karena itu, perguruan tinggi sebagai badan pusat ilmu-ilmu
pengetahuan dan kebudayaan sudah sepatutnya menyelenggarakan pelayanan
pendidikan yang pada hakikatnya berorientasi pada terjaminnya hak-hak asasi warga negara dalam pemenuhan pendidikan dan keilmuannya.
Namun,
bagaimanakah format awal tujuan pendidikan yang diamendemenkan dalam
RUU PT tersebut? Pada bagian “menimbang”, terlihat bahwa pendidikan
tinggi memiliki peran yang strategis baik itu dalam pembudayaan dan
pemberdayaan masyarakat, maupun pengembangan ilmu pengetahuan. Akan
tetapi, ada satu hal pokok yang kami rasa dapat menjadi blunder dalam pelaksanaan pendidikan tinggi tersebut, yaitu pelayanan pendidikan yang secara eksplisit diorientasikan pada daya saing bangsa dalam era globalisasi.
Begitu baik visi pendidikan tinggi yang diarahkan pada daya saing
bangsa, namun hal ini dapat menyimpang dari tujuan besar pelayanan
pendidikan sesuai hakikatnya, yaitu pemenuhan hak pendidikan setiap
warga negara. Sebab, pada kenyataannya belum semua daerah di Indonesia
dapat disetarakan kualitas pendidikan tingginya maupun kuantitas
perguruan tingginya. Kita harus membenahi “pendidikan tinggi” itu
sendiri, sebelum akhirnya menuju visi besar pendidikan tinggi sebagai
daya saing bangsa pada era globalisasi.
Statuta Perguruan Tinggi dan Majelis Pemangku
Tahukah
kawan, pada pasal 1 poin 12, dijelaskan bahwa Statuta Perguruan Tinggi
(statuta) pada dasarnya mengatur seluruh kegiatan akademik maupun
nonakademik. Nonakademik? Ya, segala hal di luar urusan akademik,
termasuk keuangan dan kemahasiswaan, juga diatur oleh statuta ini.
Statuta merupakan dasar dari dikeluarkannya peraturan pemerintah ataupun
peraturan menteri yang secara langsung mengatur kehidupan akademik dan
nonakademik kampus. Dengan kata lain, kehidupan kita sebagai mahasiswa
sangatlah erat hubungannya dengan bagaimana isi statuta, baik itu
kegiatan, berbagai kewajiban, hak-hak dasar, bahkan hingga organisasi
kemahasiswaan. Pada pasal 19 poin ketiga, tertulis “Organisasi kemahasiswaan dibentuk berdasarkan statuta”.
Saya sendiri agak tergelitik membacanya, organisasi kemahasiswaan
dengan landasan hukum berupa AD/ART (sebagai dasar organisasinya
masing-masing) dan secara kultural tumbuh dan berkembang di kampus,
haruslah menyesuaikan diri dengan landasan perundangan utama yaitu
statuta yang baru dibuat hingga RUU ini disahkan. Apakah statuta ini
dapat merangkum kepentingan mahasiswa? Inilah yang menjadi tugas kita
sebagai mahasiswa.
Lalu siapa yang bertanggung jawab membuat dan merubah statuta ini? Suatu organ perguruan tinggi bernama Majelis Pemangku-lah
yang memiliki fungsi tersebut (pasal 51 dan 63), serta menjalankan
fungsi penentu kebijakan umum dan pengawasan nonakademik (pasal 1 poin
14). Saat ini, kurang lebih Majelis Pemangku sama fungsinya dengan
Majelis Wali Amanah (MWA). Majelis Pemangku beranggotakan Menteri
Pendidikan Nasional, gubernur, pemimpin (rektor), wakil dosen, wakil
tenaga kependidikan (pegawai non-dosen), wakil masyarakat, dan tambahan
Menteri Keuangan untuk Majelis Pemangku PTN Berbadan Hukum. Satu hal
yang sangat janggal, tidak ada wakil mahasiswa dalam komposisi keanggotaan Majelis Pemangku ini.
Mahasiswa sebagai organ dengan porsi terbesar dalam perguruan tinggi,
serta merupakan subjek dan objek pendidikan dalam perguruan tinggi,
justru tidak disertakan dalam fungsi superior Majelis Pemangku. Pada draft RUU ketiga yang diajukan DPR, sesungguhnya perwakilan mahasiswa sebagai bagian dari sivitas akademika,
dilibatkan dalam Majelis Pemangku. Tapi pada perubahan di draft RUU
terbaru ini, posisi mahasiswa dalam Majelis Pemangku telah ditiadakan.
Apa
yang dikhawatirkan peran Majelis Pemangku dengan tidak adanya posisi
mahasiswa di dalamnya? Dua hal yang kami simpulkan dapat menjadi
boomerang bagi pendidikan tinggi di Indonesia; sistem portofolio
dalam otonomi nonakademik bidang keuangan perguruan tinggi dan
ketidakjelasan definisi wakil masyarakat dalam Majelis Pemangku. Pertama,
sistem portofolio (pasal 47 poin 5 / pasal 59 poin 4), yaitu investasi
jangka panjang melalui pendirian badan usaha, dapat menciptakan suatu
peluang masuknya pihak-pihak luar kampus ke dalam dinamika kampus
tersebut. Peluang masuknya pihak luar kami artikan sebagai pihak-pihak
yang memiliki dana untuk diinvestasikan di perguruan tinggi dan terlibat
dalam urusan politik. Secara singkat : politik dekat dengan kekuasaan,
kekuasaan dekat dengan uang, dengan adanya kekuasaan dan uang sangat
mungkin pihak-pihak tertentu dapat “masuk” ke dalam kampus. Apalagi, yang kedua,
dengan tidak terdefinisikan dengan jelasnya ‘wakil masyarakat’ dalam
keanggotaan Majelis Pemangku, pihak-pihak tertentu tadi dapat menjadi
anggota Majelis Pemangku. Dengan fungsi superior-nya, Majelis
Pemangku memiliki “kekuasaan” lebih dalam mengatur perguruan tinggi, dan
dengan tersisipkannya pihak dengan kepentingan tertentu di dalamnya,
bukan tidak mungkin fungsi-fungsi mahasiswa, kehidupan kampus, bahkan
riset-riset dosen dapat didikte secara halus dilandasi akan kepentingan
golongan, bukan lagi pada dasar kebenaran ilmiah dan keilmuan.
Bagaimanakah
peran mahasiswa dalam sistem pendidikan tinggi ini? Ini pula yang
menjadi pertanyaan kami. Sepatutnya ada posisi mahasiswa dalam
keanggotaan Majelis Pemangku. Mengapa ? Tiga peran mahasiswa yaitu SUARA, PENGAWASAN, serta SUBJEK-OBJEK PENDIDIKAN.
Dengan adanya mahasiswa, ada fungsi aspirasi dan suara dari elemen
terbesar perguruan tinggi yaitu mahasiswa. Kedua, fungsi pengawasan yang
secara kultural juga dilaksanakan mahasiswa, utamanya adalah pengawasan
peran independen dalam sistem pendidikan tinggi, khususnya dalam
mengawasi wewenang menteri dalam membentuk badan yang melibatkan
masyarakat (pasal 6 poin e) agar independensi pendidikan terjamin.
Ketiga, sebagai subjek dan objek pendidikan, mahasiswa memiliki hak dan
tanggung jawab dalam dunia pendidikannya (kampus), oleh karena itu
penting adanya mahasiswa dalam keanggotaan Majelis Pemangku.
Perguruan Tinggi Asing
Dalam
draft RUU PT ini, dijelaskan pula mengenai keterlibatan perguruan
tinggi asing dalam pendidikan tinggi di Indonesia (bab VI, pasal 87 –
89). Pada dasarnya kami tidak mempermasalahkan masuknya perguruan tinggi
asing di Indonesia, justru dengan adanya transfer nilai yang positif
dari adanya perguruan tinggi asing akan menjadi baik bagi kemajuan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya di Indonesia. Namun hal ini kami
sebut sebagai lampu kuning bagi pendidikan tinggi di Indonesia. Berkaca
dari adanya sekolah berstandar internasional setingkat sekolah dasar dan
sekolah menengah, secara filosofi ada beberapa tujuan pendidikan yang
harus diatur dan dijamin oleh pemerintah melalui turunan undang-undang
(PP atau Permen).
Lampu
kuning yang kami maksud adalah standard pendidikan asing yang berbeda
dengan standard pendidikan Indonesia. Bukan standard dalam arti standard
kualitas pendidikannya, melainkan standard filosofis penanaman nilai ke-Indonesia-an dalam pendidikan. Penanaman nilai ke-Indonesia-an, budaya Indonesia, dan semangat nasionalisme sangatlah penting.
Tidak hanya belajar sebagai investasi pribadi yang bertujuan untuk
memperkaya diri sendiri dan keluarga, namun belajar sebagai investasi
bangsa yang bertujuan memperkaya anak muda calon pemimpin bangsa,
membangun bangsa, dan memakmurkan bangsa serta masyarakatnya di masa
depan.
Biaya dan Pendanaan Pendidikan
Sejak
isu RUU PT ini muncul dan menjadi polemik di masyarakat, biaya dan
pendanaan pendidikan menjadi salah satu masalah utama yang diangkat,
khususnya berdampak pada komersialisasi pendidikan. Namun pada draft RUU
PT terakhir yang kami diskusikan ini, porsi pembiayaan yang dijamin
bahwa maksimal sepertiga dari biaya operasional (pasal 99, 103, dan 108)
tidak begitu dipermasalahkan. Yang pasti sudah dijamin bahwa pembiayaan
pendidikan mahasiswa dapat sesuai kemampuan ekonominya dan dapat
dibantu dengan bantuan biaya pendidikan (beasiswa).
Satu
hal yang menarik, yang kami temukan adalah mengenai porsi minimal 20%
mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik
tinggi. Hal ini kami rasa baik sebagai usaha mencerdaskan muda mudi
bangsa. Namun, setelah memperhitungkan dengan data statistik yang kami
dapatkan dari Swiss International, satu hal menarik kami
simpulkan bahwa dengan solusi yang diberikan di atas ternyata tidak
menjamin dalam mencerdaskan anak muda khususnya dari golongan masyarakat
berpendapatan rendah. Hal ini belum tepat sasaran serta tidak dapat mengatasi masalah hak berpendidikan masyarakat kelas bawah.
Dari sekitar 237 juta penduduk di Indonesia, terbagi atas beberapa kelas ekonomi antara lain :
1.) 16,8 juta masyarakat kelas atas yang dapat berinvestasi hingga masing-masing 600 juta rupiah;
2.) kelas menengah ke atas yang tidak kami definisikan jumlahnya;
3.) 3,08 juta orang dengan penghasilan 5,2-6 juta rupiah/bulan;
4.) 11,85 juta orang berpenghasilan 2,6-5,2 juta rupiah/bulan;
5.) 27,73 juta orang dengan penghasilan 1,5-2,6 juta/bulan;
6.) 91,24 juta orang berpenghasilan 1-1,5 juta/bulan; dan
7.) lebih banyak lagi orang berpenghasilan 0-1 juta/bulan yang tidak terdefinisikan.
Lalu
dari semua itu, hanya sekitar 22.000 anak muda dari kelas masyarakat
miskin yang beruntung dari 110.000 calon mahasiswa yang mendapatkan
tempat di PTN melalui SNMPTN. Apabila digambar secara visual, dari
piramida kelas ekonomi masyarakat Indonesia (6 kelas : kelas atas, kelas
menengah A, B, C, D, dan kelas bawah) serta diperbandingkan dengan
perhitungan biaya operasional pendidikan tinggi yang ada, porsi 80% yang
diterima di PTN adalah dari masyarakat kelas atas & kelas menengah
strata A (paling atas). Sedangkan untuk 20 % yang dialokasikan untuk
masyarakat kelas bawah, ternyata hanya mampu untuk masyarakat kelas
menengah starata B dan strata C. Sebagai kesimpulan, ternyata RUU PT
ini tidak menjawab pertanyaan dapatkah hak berpendidikan masyarakat
khususnya masyarakat kelas bawah dapat dijamin oleh amendemen NKRI.
Dari sana terlihat bahwa perguruan tinggi masih kokoh berdiri sebagai
mercusuar atau menara gading yang sulit digapai masyarakat khususnya
kelas ekonomi berpenghasilan rendah. Untuk itu, untuk diri kita
masing-masing, muncul satu pertanyaan, dapatkah kita sebagai mahasiswa menyejahterakan bangsa kita? Karena
kita lah orang-orang yang beruntung bisa belajar dan mendapatkan ilmu
yang sewajibnya kita gunakan untuk memajukan bangsa dan masyarakat
Indonesia.
Sedikit untuk Mahasiswa
Diskusi
santai serta berbagi pandangan seputar kehidupan bangsa ini, kami
sebagai Tim Kesenatoran HMP Pangripta Loka ITB memang baru menginisiasi
lagi di himpunan kami. Bukan kajian yang berat-berat, namun setidaknya
ada sedikit porsi untuk membuka mata kita semua agar tahu realitas
bangsa. Utamanya adalah merubah pandangan kita sebagai mahasiswa,
tidak lagi kerdil, hanya memikirkan kesenangan kehidupan kampus dan
berbagai masalahnya, namun lebih besar lagi apa yang dapat kita berikan
kepada negara kita ini setelah kita semua menjadi pemimpin-pemimpin
bangsa. Kawan, ayo kita budayakan diskusi di kampus kita…
Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater …
Semerah darah, sebening air mata, HMP …, HMP HMP HMP …
Gabriel Efod Virant Pangkerego
HMP 09 034
Tim Kesenatoran 11/12
HMP Pangripta Loka ITB
Komentar
Perlu diperjuangkan adanya keterwakilan mahasiswa di MWA. Ini harga mati.. Selain menyuarakan suara mahasiswa, bisa juga menjadi proses pembelajaran bagi mahasiswa.
Adapun terkait biaya, prinsipnya biaya kuliah boleh mahal dan itu wajar. Tapi yang harus dijamin pemerintah adalah seleksi yang dilakukan bukan berdasar kesanggupan membayar. Adapun ketika mahasiswa kurang mampu diterima, skema2 beasiswa dari dana bestari ITB dan lain2 harus jadi pendukung mereka. Di samping subsidi pemerintah tentunya.
Salam,
Agung - Pl 01