Para pemimpin yang luar biasa

Luar biasa adalah sebutan untuk mereka yang melakukan aktivitas lebih dari biasa, melakukan lebih daripada yang kebanyakan orang lakukan. Dan apalagi ketika hal yang luar biasa tersebut dilakukan oleh seorang pemimpin yang sedang memegang amanah. Tanggung jawab memang membuat para pemimpin dituntut untuk melakukan inovasi, tapi tindakan diluar hal mainstream yang dibawa oleh karakter pribadi selalulah menjadi hal yang luar biasa ketika dilakukan oleh seorang pemimpin. Hari ini saya tidak akan membahas tentang inovasi yang dibawa oleh seorang pemimpin yang sedang mengemban amanah, tapi tentang tindakan luar biasa seorang pemimpin yang mungkin berbeda dengan para pemimpin lainnya.

Ada para pemimpin luar biasa di Indonesia yang menurut saya sedikit nyeleneh, tapi mereka menjadi luar biasa karena mereka melakukan tindakan nyeleneh tersebut, berbeda dengan kebanyakan orang sehingga disebut luar biasa. Para pemimpin luar biasa tersebut menurut saya ialah mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla, mantan gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin,Menteri BUMN Dahlan Iskan,Mantan menko perekonomian Rizal Ramli, dan Walikota Solo Joko Widodo. Berikut adalah tindakan-tindakan luar biasa mereka yang patut kita petik pelajarannya,

Sepatu cibaduyut pak JK : Pemimpin adalah contoh


Satu hal yang tidak pernah saya lupa dari tindakan pak JK ialah selalu menggunakan sepatu asli cibaduyut, sepatu buatan produk lokal. Pernah terjadi satu insiden dimana dalam rapat kabinet, pak JK memeriksa sepatu yang digunakan oleh para pejabat tinggi negara tersebut dan mengajak mereka menggunakan sepatu asli dalam negeri. Tak heran tindakan-tindakan sederhananya dengan menggunakan sepatu cibaduyut menjadi sebuah promosi untuk produsen sepatu kecil di Cibaduyut. Dampaknya omset para pedagang sepatu ini meningkat hingga bahkan sampai investor dari luar negeri (australia, prancis, dan italy) membeli sepatu lokal Indonesia tersebut. Hal inilah yang membuat pak JK mendapat anugrah sebagai "everyday hero" yang diberikan oleh Asosiasi Persepatuan Indonesia.


Ali sadikin menampar tentara : Pemimpin harus berbicara tentang keadilan, mana yang benar dan mana yang salah

Alm. Ali sadikin adalah Gubernur DKI Jakarta pada periode 1966-1977 yang berlatar belakang militer. Salah satu cerita menarik semasa beliau menjabat ialah menampar seorang personel tentara angkatan laut yang ngebut ugal-ugalan dengan truk bermuatan pasir 8 ton di Jl. Ahmad yani. Melihat hal tersebut, pak ali sadikin memerintahkan supirnya untuk mengejar truk tersebut. Setelah terkejar dan tertangkap, pak ali sadikin mewawancarai personel tentara tersebut dan menampar wajah tentara tersebut ketika tentara tersebut memberikan jawaban yang salah kepada pak ali sadikin. Pak ali memperingatkan kepada tentara tersebut bahwa seorang tentara tidak bisa semena-mena.

Menteri BUMN jadi petugas tol : Pemimpin adalah orang pertama yang maju menjumpai masalah

Kalau cerita pak dahlan iskan menjadi petugas tol sekarang sedang ramai di media massa, singkat cerita setelah lama menunggu antrian tol didalam kota, pak dahlan ngamuk dan membuka gerbang tol hingga mobil-mobil yang mengantri dapat masuk tol secara gratis. Sekitar 100 mobil digratiskan masuk tol dalam insiden ini. Alhasil, peristiwa ini menjadi evaluasi bagi jasa marga selaku pengelola jalan tol hingga esok harinya tidak terjadi kemacetan digerbang tol dalam kota.


Menko naik subway, bukan mobil mewah di Jepang : Pemimpin sederhana ditengah keprihatinan bangsa

Menteri koordinator perekonomian jam presiden Gus dur, Rizal Ramli, juga melakukan tindakan nyeleneh ketika pergi ke Jepang untuk melakukan negoisasi pada forum sidang CGI (Consultative Group for Indonesia). Selain tidak mengikut sertakan Widjojo Nitisastro dalam delegasi tersebut (yang konon dikenal sebagai negosiator ulung Indonesia jaman pak Harto), rombongan garuda menggunakan subway sesampainya di Jepang dari bandara ke Hotel New Otami di Tokyo sebagai bentuk sikap prihatin terhadap kondisi bangsa Indonesia saat itu. Padahal sebelumnya bersama Widjojo cs, rombongan garuda Indonesia selama puluhan tahun dijemput dengan mobil supermewah. Alhasil negara kreditor dan lembanga keuangan internasional merasa terkesan dengan sikap dan tindakan pak rizal ramli ini karena melihat kesungguhan Indonesia untuk berbenah dari keterpurukan, hasilnya jumlah dana yang didapat adalah rekor hibah terbesar sekitar US$ 53O dari sebelumnya hanya sekitar US$ 200.


Keliling kota solo naik sepeda : Pemimpin yang dekat dengan orang-orang yang dipimpin

Kalau cerita yang ini adalah pengalaman pribadi saya sendiri. Januari 2012 saya bersama teman-teman HMP PL ITB ingin belajar dari pak jokowi dan kota Solo. Undangan kami saat itu disambut baik oleh pemerintah kota solo. Jum'at pagi hari di kota solo, rombongan dari bandung ini sampai di kantor walikota dengan harapan dapat menjumpai dan belajar banyak dari jokowi. Alhasil, tidak ada jokowi dalam forum tersebut, kecewa memang, tapi saya jadi maklum dan ikhlas tidak bisa bertemu dengan beliau ketika mengetahui bahwa jokowi tidak bisa bertemu dengan kami karena hari jum'at adalah hari dimana beliau naik sepeda keliling kota surakarta untuk melihat kondisi masyarakat kota surakarta.


Yaa, itulah beberapa cerita seorang pemimpin yang luar biasa. Kadang-kadang tindakan sederhana tapi menyentuh lebih baik daripada tindakan rumit yang hanya memusingkan sendi-sendi di kepala. Kalau hal yang besar selalu dimulai dari hal yang kecil, mungkin artinya tidak ada tindakan yang kecil. Menjadi luar biasa berarti melakukan tindakan diluar tapal batas pemikiran orang-orang biasa. Tidak masalah ngawur asal manjur hahaha
Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menjadi pemimpin yang luar biasa, yeaaaah, kalau kata mario teguh, SALAM SUPER!!!!

0 catatan pembaca:

Posting Komentar