Manusia Aneh & Unggul

Pernah lihat manusia yang aneh? kenapa dia di anggap aneh?
Perlu diingat sebelumnya bahwa tulisan ini tulisan iseng dan enggak berbobot, jadi jangan di anggap terlalu serius ;p

Manusia disebut aneh kalau dia berbeda dari kebanyakan. Bisa berbeda dari segi fisik/materi atau juga dari lingkungan dan waktu. Berbeda dari segi fisik/materi itu mungkin sudah sering dilihat seperti (maaf) kelainan pada fisik seseorang (cacat). Tapi itu tidak penting untuk ditelusuri lebih jauh dari tulisan iseng saya ini. Lebih baik kita ulik tentang manusia yang aneh secara lingkungan dan waktu.

Ada yang namanya human engineering atau rekayasa manusia yang menjelaskan mengenai perubahan pada diri seorang manusia. Manusia berubah karena lingkungan dan waktu. Pertama,manusia berubah karena faktor lingkungan. Lingkungan menginsepsi pemikiran dan tindakan seseorang, makanya ada orang yang bilang kalau berteman dengan orang-orang yang buruk bisa kebawa buruk dan sebaliknya bertemanlah dengan orang-orang hebat agar bisa menjadi hebat! benarkah? benar! Dan rasanya tidak perlu ada fakta khusus karena hal ini sudah di anggap benar oleh kebanyakan orang. Kedua, manusia berubah karena faktor waktu. Akumulasi peristiwa, pengalaman, dan aktivitas dalam bertambahnya usia kehidupan seorang manusia akan membawanya menginsepsi pemikiran dan tindakan seseorang pula Faktor kedua ini yang paling banyak disebut oleh penulis ternama, Malcolm Gladwell, dalam bukunya berjudul 'BLINK'.

Jadi seperti apa yang menyebabakan manusia di anggap aneh?
Seorang individu menjustifikasi seseorang aneh jika ia berpikir atau bertindak tidak sama dengan lingkungannya atau pula karena pada usianya manusia tersebut tidak berpikir dan bertindak sepantasnya. Contohnya, orang yang bergaul dikomunitas agamis, ketika ia mencuri pasti di anggap aneh (iyalah!) karena tidak ada ajaran agama (setahu saya) yang mengajarkan mencuri karena mencuri perbuatan tercela. Contoh lainnya, seorang mahasiswa yang masih bermain 'tamiya' padahal di usianya ia mulai dituntut untuk berbuat yang lebih bertanggung jawab untuk dirinya dibanding ia bermain.

Lalu bagaimana menjadi manusia aneh namun unggul dibanding manusia kebanyakan?
Menjadi aneh itu berbeda dan menjadi berbeda tidak selamanya buruk. Perlu usaha agar hasilnya menjadi lebih baik. Berteman dan berada dilingkungan yang 'lain' dari lingkungan yang semestinya kita 'berada' pasti mampu membuat kita lebih unggul saat kita berada dilingkungan semestinya kita 'berada'. Jahatnya mah kalau kita main sama orang yang secara kasta lebih rendah pasti kita jadi lebih hebat karena sebelumnya kita bermain sama orang-orang yang berkasta tinggi, hehe. Atau pula menjadi lebih unggul dengan cara melakukan aktivitas tertentu yang lebih banyak daripada orang kebanyakan (hingga disebut sebagai berpengalaman) dan berpikir lebih maju dibanding yang lain (hingga disebut memiliki visi lebih jauh)

Jadi,apakah kalian mau jadi manusia aneh yang unggul dengan mengikuti tulisan saya yang aneh ini hahaha?

atau mau ini???

0 catatan pembaca:

Posting Komentar