Mengulik 'Manusia Indonesia'

Eyaaa, karena habis baca bukunya Moectar Lubis, Manusia Indonesia, maka saya ingin membagi sedikit pengetahuan saya dari buku Manusia Indonesia ini, oke lah, Moectar Lubis menuliskan enam ciri manusia indonesia, yaitu : hipokritis atau munafik, segan & enggan bertanggung jawab, berjiwa feodal, percaya takhayul, artistik, dan punya watak yang lemah. Sebelum lebih jauh, saya ingin mensugesti kalian
'Budaya membangun karakter manusia!'


Buku manusia indonesia karya Mochtar Lubis

Nah, sekarang akan saya ceritakan satu per satu ciri manusia indonesia menurut Mochtar Lubis,
1. Ciri Kesatu : Hipokritis atau Munafik
Cerita kemunafikan manusia indonesia ini dimulai dari jaman feodal di Indonesia sampai massa orde baru yang terkenal dengan ABS-Asal Bapak Senang. Karakter manusia indonesia yang terus menerus ditekan oleh pemilik kekuasaan dan kekuatan ini membuat orang indonesia bermanis lidah, ia rela berbohong untuk menyelamatkan hidupnya. Contohnya : Lo ngk berani ngomong di depan kelas kalau pelajaran dosen A itu membosankan (ngomong ke dosennya), kalo depan dosen A yaa baik-baik aja

2.Ciri Kedua : Segan & Enggan bertanggung jawab atas perbuatannya
Di negeri ini, ketika satu orang diantara kita diberi tugas dan ternyata salah, biasanya dia akan menyalahkan atau melemparnya ke orang lain,'loh! bukan saya yg salah, kerjaan ini dikasih dari atas saya!' ,atau kata-kata'bukan saya' cukup populer di Indonesia, kalo di tanah sunda sih,'naha aing?' hehe

3.Ciri Ketiga : Berjiwa Feodal
Kayaknya ada fenomena menarik di negeri ini, kalau ada pemilihan organisasi ibu-ibu, biasanya istri pejabat yang akan jadi ketuanya. Dipilih bukan karena kapasitas,kemampuan, atau pengalamannya, tapi karena ia istri pejabat. Jiwa feodal bangsa ini adalah hasil dari feodalisme yang menjajah negeri ini, dari jaman kerajaan hindu,budha, di pajakin sama VOC nya portugis sampe belande dateng dan punya pemimpin negeri sendiri yang feodal

4.Ciri Keempat : Percaya Takhayul
Kayaknya enggak usah panjang lebar gw tentang ini, orang indonesia sebenarnya logis (dalam definisi sederhana, yaitu kemampuan menarik kesimpulan), tapi daya logisnya tercampur oleh takhayul-takhayul animisme dan dinamisme, jadi sekarang suka melogiskan takhayul

5.Ciri Kelima : Artistik
Karakter percaya takhayul, membuat manusia indonesia ini sukanya pasang jimat-jimat,kalung yang katanya ada roh, atau cincin yang pakai jin, sehingga kemahiran otak kanan manusia indonesia pun terasah. Hasil karya seni anak bangsa kita juga jadi salah satu ke-ajaiban dunia (baca : candi borobudur)

6.Ciri Keenam : Punya watak yang lemah
Hah! Manusia di negeri ini memang sulit untuk konsisten atau mempertahankan dan bahkan memperjuangkan keyakinannya, enggak salah kalau kita dengar ada satu dua orang yang lupa sama ucapannya si masa lalu, mungkin terpengaruh oleh sifat munafiknya

7.Ciri Lainnya :
Ciri lain karakter manusia indonesia yang dipaparkan oleh mochtar lubis, adalah tidak hemat,tidak suka bekerja kerasnya dan lebih suka yang instan, tukang mengeritik tetapi tidak secara terbuka, cepat cemburu atau dengki dengan orang yang lebih hebat dari dia (rumput tetangga terlihat lebih tinggi dibanding rumput sendiri), sok, tukang tiru,kejam,malas akibat anugrah Tuhan atas alam yang murah hati, tidak peduli dengan orang lain selama dirinya tidak mendapatkan dampak dari perbuatan orang lain tersebut, berhati lembut & suka damai, rasa humor yang baik sehingga masih dapat tertawa di saat-saat sulit, cepat belajar/terampil, memiliki kesabaran yang luar biasa, dan selalu memasang wajah yang suka dilihat oleh orang lain.

Oke, saatnya saya memberi penjelasan atas sugesti saya di atas, budaya membangun karakter, hidup itu tentang sebab-akibat, kejadian di masa lalu yang membentuk karakter hari ini, rangkaian peristiwa kemarin menentukan sikap kita di masa depan, sejarah negeri ini dari jaman animisme,dinamisme,kerajaan, penjajahan,feodalisme, dan ke otoriteran yang membuat karakter kita hari ini. Entah para pembaca setia blog saya sepakat atau tidak dengan karakter manusia indonesia yang dipaparkan oleh moctar lubis, tetapi ini adalah pendapat moctar lubis, pertanyaannya bukan lagi,'tahu darimana mochtar lubis?',tapi,'karakter manusia indonesia apa yang kita inginkan??' silahkan dipikirkan dalam hati dan susun rencana anda untuk hal besar tersebut

6 catatan pembaca:

ridzkijanuar mengatakan...

kebanyakan negatif ya...
kita bikin karakter positif kita masing2, biar okey.!

debuterbang mengatakan...

sebenarnya bangsa ini sudah memiliki pemikir pemikir hebat tp visi dalam membangun masih kurang.

untuk masalah karakter Indonesia,
saat ini masalahnya sudah sangat pelik dan sangat mendasar sekali.
jd mgkin untuk pembentukan karakter memang hrs dr diri sendiri,,

Adhamaski Pangeran mengatakan...

@jeje
iya, emang lebih ke introspeksi sij

@debu
jailah, kalo jawabannya dari diri sendiri mah itu bukan jawaban, gmana mau menyelesaikan masalah kalo jawabannya perbaiki diri sendiri dulu, woi masalah bangsa ini banyak, masalah lo banyak mau jadi orang autis yang mikirin diri sendiri terus tanpa menoleh ke kanan dan kiri?

anastasya carmelita mengatakan...

bagus bung artikel mengenai karakter manusia didunia ini. logis!
bgmn, kmrn dateng ke acara Pesta Blogger 2010 ngga?

Adhamaski Pangeran mengatakan...

@anastasia
waduh ngk dateng euy, kurang update info blogger, hehe, terima kasih ya :)

bimo mengatakan...

ga konsisten. katanya 6 tapi ada yg lainnya....

Posting Komentar