Studio Survey Kabupaten Bekasi (Part 2)

Senin, 22 Maret 2010
'Menemukan desa Sukajaya'

Waduh! Ada yg lupa euy dari cerita hari minggu. Hari minggu itu gw dan teman2 sekelompok ngk ketemu sama yg namanya Desa Sukajaya, kec.Cibitung! Sampai gw ketiduran di alfamart lagi kan karena nyasar2 ke desa sukajaya pas hari minggu, hahahhaha.Yaa, sampai pada hari ketiga di Bekasi, akhirnya ketemu juga tuh desa sukajaya.
Seperti hari sebelumnya, hari ini diawali dengan bangun jam 9, berangkat jam 10, sampe tempat makan biasa kami 'NAGA' jam 11, dan sampai dilokasi survey jam 12, hahahahaahaha, kelompok gw akhirnya menemukan desa sukajaya. Ternyata desa sukajaya berada coran (bahasa di bekasi yang berarti jalan kecil) sebelah kanan dari jalan utama desa sukatani. Setelah melewati sawah-sawah, akhirnya ketemu jg desa sukajaya. Seperti yg ada di kerangka sampel, emang benar banyak banget Industri Kecil dan Menengah (IKM) di desa ini. Tapi ada satu IKM yg kocak banget, yaitu bengkel motor pak burhan (awalnya gw ngk percaya ini IKM, tapi karena ada di kerangka sampel, yaudah gw hajar juga! susah sih cari IKM yg ada di kerangka sampel). Pas gw,acong, dan timothy mau survey ke doi, tiba2 dengan semangat membara seperti pejuang-pejuang kemerdekaan tahun 1945 beliau mengatakan,'KAMI SEDANG BELAJAR TENTANG ILMU KEHIDUPAN!' hah! bingung dah gw, mau ketawa ngk enak, ngk ketawa jg ngk enak, yaudah, gw ketawa aja, HAHAHAHHAHAHAHAHHAHAHHA :))

Selasa, 23 Maret 2010
'Pindah ke Kecamatan Babelan'

Hari ini kami dipindah ke kecamatan Babelan, Kab.Bekasi, gw lupa karena apa yaa? oh iya! untuk membantu proporsi di wilayah utara, karena di wilayah utara kan awalnya cuman ada satu kecamatan tuh, kecamatan cibitung, akhirnya karena dinilai ngk visible jg dapet 56 IKM disana, ditambahlah satu kecamatan lagi di utara, yaitu kec.Babelan. Nah! Ini dia nih, udah jauh2 makan di NAGA, akhirnya harus muter2 lagi cari jalan, sampeeeeee balik lagi ke ASRAMA HAJI! anyeng! G4uL pisan kan aing! hahahahha, sialnya ternyata emang lebih deket dari asrama haji ke kec.Babelan.
Sampai disana, karena muter2 ngk karuan juga nyari desa apa gitu di kec.Babelan (oh iya! nama desanya, desa bahagia) dan panas yg udah kayak neraka, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke kantor desa bahagia (satu info lagi, di kecamatan Babelan, meraka mengganti desa menjadi kelurahan, sehingga jumlah RW dan RT disana jadi bertambah banyak, sehingga kerangka sampel yg kami pake susah untuk dipakai). Nah! ini dia nih yg paling kocak, pas kami nanya2 tentang IKM, ternyata orang pemerintah sana ngk ngerti tentang IKM, dan saking parahnya itu orang ngk tau ada berapa RW dalam satu desa itu. Gila ya pemerintah daerah! Gimana mau perhatian kalo ngk tau apa yg dia perintahi kan? emosi juga! Nah, emosi ini nih yg menular ke teman-teman sekelompok, terutama si roni! Pas itu orang pemda lagi ngomong, dipotonglah sama doi, dengan nada lugas khas orang batak, maju langsung bilang,'JADI BEGINI AJA PAK, MANA BATAS DESA INI!?' wuah! itu kocaknya bukan main mamen! Orang pemdanya aja sampe diem, hahahahhahahahahhahaha. Yaa, abis itu sih nothing special, kebanyakan IKM disana adalah kusen.
Nah, saat malam hari di evaluasi, datanglah pak delik, kak ivo, kak fikri zul fahmi dan entah siapa lagi itu datang ke asrama haji. Inilah, saat2 yang menegangkan, mulai dari mempertanyakan proporsi kecamatan di utara-tengah-selatan di kabupaten Bekasi, hingga evaluasi hingga pagi hari yang sangat amat melelahkan, dengan hasil yg kurang memuaskan, yaitu, metode sampling yg dipakai tidak sama antar kelompok di studio A, hingga beberapa kelompok harus memulai kembali sampling dengan metode probabilitas. HAH!


BERSAMBUNG LAGI.....

0 catatan pembaca:

Poskan Komentar