Produktivitas di Diklat Lapangan OSKM 2010

Orang sering berkata tentang produktivitas kerja, tapi sebelum lebih jauh maka harus dipahami terlebih dahulu apa itu definisi dari produktivitas. Produktivitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti pro·duk·ti·vi·tas n kemampuan untuk menghasilkan sesuatu; daya produksi. Sedangkan ensiklopedia Britannica mendefinisikan produktifitas dari sudut pandang ilmu ekonomi yaitu ukuran efisiensi produktif yang dihitung sebagai rasio dari apa yang diproduksi dan apa yang dibutuhkan untuk memproduksinya. Input yang digunakan sebagai denominator dari rasio biasanya merupakan faktor tradisional dari lahan produksi, buruh, dan modal baik itu bersifat tunggal maupun agregat/gabungan. Lain halnya lagi dengan Microsoft Encarta yang mendefinisikan produktivitas sebagai efesiensi relatif dari suatu aktivitas ekonomi yaitu jumlah produk atau jasa yang diproduksi dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa serta buruh yang digunakan untuk memproduksinya.

Yah oke! Kita pahamilah bahwa produktivitas berarti pengefisienan (pentepat gunaan) proses input untuk mendapatkan output yang sebesar-besarnya. Mungkin akan hampi sama dengan definisi para ekonom untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan meminimalisir harga produksi dan mendapatkan produk yang sebanyak-banyaknya. Jelas dalam industri, produktivitas adalah bagian yang menjadi sorot utama dalam memproduksi sesuatu. Pengefisienan input,sumber daya manusia, dan hal-hal lain yang menjadi faktor produksi, termasuk lahan dan pajak.

Dalam konteks OSKM 2010, saya akan berbicara bagaimana menggunakan prinsip produktivitas pada saat melakukan diklat panitia lapangan! Diklat lapangan adalah salah satu bagian dari acara OSKM 2010. Diklat yang ditujukan untuk melatih dan meningkatkan kapabilitas teman-teman ITB 2009 yang nantinya akan menjadi panitia lapangan OSKM 2010. Dan tahun ini, dikarenakan adanya bulan ramadhan di tengah bulan agustus, maka terjadilah pengunduran waktu liburan dan dimajukannya waktu awal kuliah di ITB. Pendeknya waktu liburan berarti pendek pula waktu untuk diklat lapangan.

Dalam fisika, kerja/usaha didapat dari perkalian daya dengan waktu. Daya sendiri berarti besarnya energi yang dikeluarkan per satuan waktu. Jikalau kita kaitkan dengan produktivitas, berarti energi yang dikeluarkan harus maksimal dengan waktu yang relatif singkat apabila dibandingkan dengan waktu diklat lapangan sebelumnya. Sama-sama kita pahami bahwa untuk mendapatkan kerja/usaha yang besar dan produktiv pada saat waktu yang singkat, adalah memperbesar energi yang dikeluarkan.

Ini adalah tantangan untuk OSKM 2010, jikalau kita berasumsi bahwa semangat akan berbanding lurus dengan usaha yang dikeluarkan, maka pertanyaan berikutnya yang akan keluar adalah bagaimana mengeluarkan usaha yang besar dan tetap menjaga semangat panita lapangan 2009.

Untuk menjawab hal ini ada sesuatu yang sebenarnya harus diingat, bahwa produktivitas bukan hanya pengefisienan input untuk memperoleh output yang sebesar-besarnya, tetapi dalam proses tersebut juga harus ditarik manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana-prasarana yang ada.

Bagi saya, ini adalah jawaban, juga pertanyaan untuk panitia OSKM 2010, bagaimana caranya memberikan manfaat untuk panitia lapangan 2009 dalam waktu yang relatif singkat dan usaha yang musti dimaksimalkan (mungkin jadwal diklat yang padat). Adalah bagaimana diklat panitia lapangan adalah sesuatu yang bermanfaat dengan materi-materi yang bertujuan mulia oleh tim materi dan metode OSKM 2010. Adalah bagaimana panitia OSKM 2010 dapat mengeluarkan daya sebesar-besarnya agar perkaliannya dengan waktu dapat menghasilkan usaha atau kerja yang besar.

Pengeturan timeline dan waktu, pembagian jobdesc dan kerja, pengalokasian dan mempercayai sumber daya manusia (SDM) yang ada, harusnya bisa menjadi kunci pengefisienan kerja panitia OSKM 2010. Pengefisienan dalam rangka menempuh produktivitas kerja.

Tak peduli berapa banyak jumlah pendiklat, berapa padat jadwal diklat, hanyalah manajemen yang baik yang dapat memaksimalkan pekerjaan dengan input yang terbatas. SEMANGAT PANITIA LAPANGAN OSKM 2010!

0 catatan pembaca:

Posting Komentar