Inspirasi dari Konfrensi Asia Afrika

yaa gw kan kuliahnya blom dapet jurusan! saat ini gw baru masuk fakultas, yaitu SAPPK, sekolah arsitektur,perencanaan dan pengembangan kebijakan! jd gw masih bisa milih 2 prodi lg yaitu arsitektur atau planologi!
jadi kmren itu gw dpt tugas dr ke 2 prodi ini. tugasnya itu adalah observasi kawasan dan gedung. dan gw mimilih daerah patiukur sbg objek planologi dan gedung merdeka yg jd objek arsitektur!
yaa seperti bangunan2 tua pd umumny gedung asia afrika dr luar tampak ngk terawat! malah sblum masuk gw btanya sm temen gw 'menurut lo museum tu harusnya di apain si?di perbaharui atau dpugar' gw bertanya itu krn gw pikir dalemnya sburuk depanny, hehe
tapi ternyata! bgtu gw masuk itu beda bgd! sumpah! kayaknya gw masuk dimensi lain! hahahaha
ternyata dalemnya itu ternyata ud dirombak ulang, krna ad renovasi tahun 2005 sama menteri luar negri kita, pak hassan wirayuda!
katanya si ya, gw denger2 gosip, si perancang interiornya sampai belajar di china dulu sebelum merenovasi bagian dalam ruangannya. waooooooooo! pantesan keren ya!
yaa itu kekaguman ttg design interior gedung asia afrika!

dan yg membuat gw kagum stlh itu adlah, SOEKARNO!
yaa! dia adalah pencetus di adakannya konfrensi asia afrika!
10 tahun setelah indonesia merdeka, soekarno bisa membuat indonesia berani maju melawan kekuatan amerika dan soviet yg saat itu sedang berusaha menguasai dunia ini dalam perang dingin! tapi soekarno dapat menjadikan indonesia sebagai mescusuar dunia! yang muncul dan melawan ke-2 negara yang sedang bersitegang tersebut.
Soekarno bukan hanya seorang pahlawan untuk indonesia! tapi juga untuk negara-negara di Asia dan Afrika!

Kota Bandung saat itu menjadi ibukota negara-negara Asia-Afrika. kalau kita liat foto-foto yang berada disana, kita akan melihat, bagaimana sebuah kesederhanaan (lo bayangin aj! pemimpin negara duduk dikursi kayau yang jaman sekarang dipake buat duduk-duduk di depan rumah!) berbagai sisa-sisa peninggalan konfrensi bagi gw adalah benda-benda sejarah yang keren! bayangin aja ada rekaman suara soekarno yang pidato pakai bahasa inggris tanpa text dalam waktu 45 menit! gila cuy! edan pisan soekarno!

dan setelah konfrensi tersebut, banyak negara2 asia dan afrika yg merdeka!
hebat sx soekarno! jiwa nasionailismenya yg membuat indonesia menjadi tinggi!
bangsa kita menjadi bangsa yg besar di zamannya!
mau tau kelanjutannya? kunjungilah gedung asia afrika! hahahaha
gw kyk sales gni! hahahaha!

Komentar